Sukses

Inilah Buruh dan Pedagang Pasar yang Disuntik Vaksin Covid-19

Mulai dari tenaga kesehatan, pemuka agama, hingga buruh dan pedagang pasar mendapatkan Vaksin Covid-19 Sinovac.

Liputan6.com, Jakarta Proses perdana penyuntikan vaksin Covid-19 asal Sinovac dilakukan pada Rabu, 14 Januari 2021, di Istana Kepresidenan. Penyuntikan antara lain dilakukan kepada Presiden Joko Widodo (Jokowi) dan sejumlah perwakilan.

Mulai dari tenaga kesehatan, pemuka agama, hingga buruh dan pedagang pasar mendapatkan Vaksin Covid-19 Sinovac.

"Baru saja saya tadi bersama-sama dengan perwakilan dari bidang kesehatan, perwakilan agama, perwakilan pedagang pasar, perwakilan pengusaha, perwakilan buruh, perwakilan guru, dan dari perwakilan tenaga kesehatan telah melakukan vaksinasi," kata Jokowi di Istana Negara, Jakarta, Rabu (13/1/2021).

Dia menyebutkan, perwakilan buruh yang hadir untuk menerima penyuntikan vaksin Covid-19 tahap pertama yakni Agustini Setyorini. Namun demikian, RI 1 tidak menceritakan seperti apa latar belakangnya.

Selain itu, turut hadir perwakilan pedagang pasar yang berasal dari Pasar Inpres Kepala Gading, Jakarta Utara.

"Juga ada ibu Narti, pedagang sayur dari Pasar Inpres Gading di Jakarta Utara hadir juga," ujar Jokowi.

Proses vaksinasi Covid-19 ini penting dilakukan untuk memutus rantai penularan virus corona, sekaligus memberi kepastian bagi pemulihan ekonomi nasional ke depan.

"Dan memberikan perlindungan kesehatan kepada kita semua, dan keselamatan, keamanan bagi kita semuanya masyarakat Indonesia, dan membantu percepatan pemulihan ekonomi," tuturnya.

Pasca vaksinasi perdana ini, ia menyatakan, proses penyuntikan vaksin Covid-19 akan terus terus dilanjutkan vaksinasi di seluruh provinsi, kabupaten dan kota di seluruh Tanah Air.

"Meskipun telah dilaksanakan vaksinasi, saya ingin mengingatkan kembali tentang pentingnya disiplin terhadap protokol kesehatan, dan ini tetap terus kita lakukan. Memakai masker, mencuci tangan, menjaga jarak, dan menghindari kerumunan," imbuh dia.

Saksikan Video Ini

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Jokowi Telah Disuntik Vaksin Covid-19, Kapan Giliran Para Menteri?

Presiden Joko Widodo (Jokowi) telah menerima vaksin dan menjadi orang pertama di Indonesia yang disuntik vaksin Covid-19 buatan Sinovac. Proses penyuntikan tersebut berlangsung di Istana Kepresidenan Jakarta, Rabu 13 Januari 2021.

Selain Jokowi, Menteri Kesehatan Budi Gunadi Sadikin, Panglima TNI Marsekal Hadi Tjahjanto dan Kapolri Jendral Idham Azis juga menerima vaksin Covid-19 hari ini.

Lantas kapan menteri-menteri kabinet Jokowi-Ma'ruf Amin akan disuntik vaksin Covid-19?

Kepala Sekretariat Presiden Heru Budi Hartono menyatakan jika menteri tidak disuntik vaksin Covid-19 hari ini. Para menteri akan disuntik vaksin Covid-19 pada lain hari.

"Para menteri di hari lain sedang di persiapkan oleh Kemenkes karena menteri-menteri akan bersama eselon satunya masing masing dan ada jadwalnya, namun secepatnya," kata dia di Istana Kepresidenan, Jakarta, Rabu (13/1/2021).

Vaksin Covid-19 buatan Sinovac sendiri telah mengantongi Izin Penggunaan Darurat atau Emergency Use of Authorization (EUA) dari Badan Pengawas Obat dan Makanan (Badan POM) pada 12 Januari 2021. Serta mendapat label halal dari Majelis Ulama Indonesia (MUI) pada 11 Januari 2021.

Adapun Izin Penggunaan Darurat vaksin Sinovac tersebut ditandai dengan adanya nilai efikasi (kemanjuran) setara dengan 65,3 persen yang diambil dari laporan interim 3 bulan pascasuntikan kedua dari Uji Klinis Fase 3, yang dilaksanakan di Bandung sejak Agustus 2020, yang diberikan kepada 1.620 relawan. 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.