Sukses

Meski Pandemi Covid-19, Karir Anda Masih Bisa Maju Asal Tahu Caranya

Liputan6.com, Jakarta Di tahun 2020, mungkin saja begitu banyak rencana yang akan dilakukan bagi setiap orang. Namun, takdir berkata lain, saat pandemi Covid-19 menimpa hampir seluruh negara di dunia sehingga memengaruhi segalanya. Mulai faktor ekonomi, pekerjaan, dan sebagainya.

Khususnya dalam bidang bisnis atau karir, mungkin ada beberapa target yang belum tercapai. Tidak seperti biasanya dalam acara konferensi atau bekerja, keadaan mengharuskan Anda untuk melakukannya dari rumah secara virtual.

Jika tahun ini masih belum berubah, Anda bisa mengambil pelajaran dari kejadian sebelumnya dan lebih memperbaiki lagi.

Meskipun pandemi belum berakhir, peluang untuk bisa maju dalam karier Anda di tahun 2021 bisa dicapai. Walau keadaan sedikit berbeda, bukan berarti Anda tidak dapat terus meningkatkan karier Anda dalam pekerjaan.

Mengutip laman CNN, Kamis (14/1/2021), berikut ini beberapa hal yang bisa Anda lakukan untuk memajukan karier dalam pekerjaan di 2021.

1. Meminta kenaikan gaji

Jika Anda selalu berusaha untuk bekerja ekstra, meningkatkan hasil dan memimpin tim di perusahaan, seharusnya bisa memperoleh apa yang seharusnya didapatkan. Masa pandemi bukan menjadi penghalang.

- Mampu menilai situasi

Di samping meminta kenaikan gaji, Anda sebelumnya pun harus mewaspadai bagaimana situasi dan kondisi keuangan atasan. Jika adanya PHK (Pemutusan Hubungan Kerja) di perusahaan secara meluas sehingga menghasilkan tekanan keuangan, mungkin saja permintaan Anda untuk kenaikan gaji terasa sulit.

- Ajukan permintaan secara rinci

Dengan bekerja keras itu bukan berarti atasan Anda akan langsung memberikan kenaikan gaji. Selain harus bekerja kerja ekstra, Anda pun harus menunjukkan nilai dari apa yang sudah Anda kerjakan.

Misalnya Anda bisa memberikan contoh kuantitatif bagaimana Anda telah membantu perusahaan, memberitahu berapa jumlah klien yang berhasil Anda rekrut, atau inisiatif baru yang Anda akan lakukan. Hal-hal seperti itu menjadi bukti untuk memperkuat atasan Anda menaikkan gaji untuk Anda.

 

2 dari 3 halaman

- Ketahui berapa nominal yang sesuai

Hal lain yang harus diperhatikan adalah mengetahui berapa nominal yang sesuai dengan porsi Anda. Lihatlah apa yang pernah rekan-rekan Anda lakukan dengan pengalaman dan di industri yang serupa.

Hal itu berguna untuk membantu Anda menentukan target gaji yang Anda inginkan. Beberapa ahli merekomendasikan untuk tidak melebihi dari angka-angka wajar.

2. Dorong diri sendiri untuk lebih profesional

Jika merasa karier Anda tidak berubah menjadi lebih baik, mungkin Anda bisa melakukan beberapa cara ini:

- Mintalah masukan

Untuk menjadi lebih baik, masukan-masukan dari orang lain penting. Mintalah umpan balik dari manajer Anda untuk mengidentifikasi kekuatan dan apa saja yang perlu Anda tingkatkan.

- Perluas jaringan atau relasi

Dalam berkarier yang terpenting juga adalah Anda mampu memperluas jaringan/relasi. Walau adanya pandemi yang mengharuskan Anda tidak bertemu secara langsung, masih bisa melakukannya untuk mencari relasi dengan orang-orang yang lebih profesional.

Salah satunya dengan ikut acara pertemuan secara virtual, koneksi LinkedIn, atau cari acara lain yang dinilai Anda bisa menjalin hubungan baru sehingga meningkatkan relasi Anda.

- Meningkatkan hubungan dengan atasan

Tentu saja jika tidak bergaul dengan atasan, akan memengaruhi karier Anda. Terlebih jika Anda bekerja dari rumah, itu bisa semakin membebani karier dan hubungan dengan atasan.

Tingkatkanlah hubungan baik dengan atasan untuk lebih memudahkan Anda dalam berkarier di perusahaannya.

- Mengidentifikasi gaya kerja manajer

Setiap atasan tentu memiliki perbedaan. Ada beberapa atasan yang menyukai lebih banyak berkomunikasi. Ada pula atasan yang memilih tidak terlalu banyak komunikasi.

Para ahli merekomendasikan untuk para pekerja agar mencari tahu bagaimana dan apa yang atasan Anda sukai dalam bekerja dan beradaptasi.

-  Tetapkan ekspektasi secara jelas

Jika Anda tidak mengetahui apa yang diinginkan atasan Anda, tentu akan sulit memenuhi ekspetasinya. Dari awal proyek, pastikan Anda mengetahui tujuan hingga waktu pembuatan proyek secara jelas.

 

Reporter: Aprilia Wahyu Melati

 

3 dari 3 halaman

Saksikan Video Ini