Sukses

Bank Danamon Bangkitkan UMKM di Masa Pandemi dalam World Kidness Day

Memperingati World Kidness Day, Bank Danamon beri dukungan kepada 200 pelaku UMKM.

Liputan6.com, Jakarta PT Bank Danamon Indonesia Tbk bekerja sama dengan Halodoc, GoPlay, TopKarir, dan Investree hadir untuk membangkitkan kembali finansial dan mental para pelaku UMKM yang sempat mengalami krisis akibat pandemi Covid-19.

Bank Danamon menghadirkan inisiatif dengan memberikan dukungan dalam bentuk sesi literasi keuangan kepada 200 pelaku UMKM.

Menurut riset dari Organisation for Economic Co-operation and Development (OECD) 2020, saat ini UMKM sedang mengalami krisis ekonomi yang lebih parah dari tahun 2008, dimana 50 persen diantaranya diprediksi tidak akan bertahan. Dampak tersebut tentu akan mempengaruhi kesehatan mental para pelaku usaha. 

Survei dari Gallup pada Mei 2020 lalu mengatakan bahwa 51 persen dari pelaku UMKM pria dan 62 persen pelaku wanita mengalami stres setiap harinya saat masa pandemi.

Bentuk dukungan Danamon tersebut hadir dalam rangka memperingati World Kidness Day yang jatuh pada tanggal 13 November 2020 lalu. Dengan menggandeng beberapa platform digital, portal pencarian karir, dan perusahaan fintech, Bank Danamon memberi dukungan kepada 200 pelaku UMKM.

“Masa yang menantang ini tidak hanya berdampak kepada sisi finansial para pelaku UMKM, namun juga dalam segi kesehatan mental dan psikis para wirausahawan ini. Untuk itu, kami bersama dengan mitramitra kami yaitu Investree, Halodoc, Goplay, dan Topkarir memberikan bantuan yang mencakup kedua aspek kebutuhan mereka ini yang sama pentingnya," tutur Herry Hykmanto, Direktur Syariah & Sustainable Finance Bank Danamon.

Ia berharap kegiatan ini dapat memberikan dorongan dan inspirasi bagi para pelaku UMKM agar tetap terkendali dalam melanjutkan perannya sebagai tulang punggung perekonomian Indonesia.

Kegiatan ini berlangsung pada 17 November 2020 dan dibuka dengan sesi literasi keuangan yang bertema "Transformasi Digital: Semua BISA Seimbang”.

Narasumber memberikan wawasan kepada pelaku UMKM yang berasal dari berbagai kota yakni Jakarta, Yogyakarta, Denpasar, Palembang, Makassar, dan Bandung dalam membangun usaha yang sehat. 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Bentuk Dukungan Bagi UMKM

Kesempatan ini memberi peserta untuk akses aplikasi Halodoc selama 30 hari yang dapat digunakan untuk konsultasi dokter secara online. Halodoc juga memberikan paket Halofit yaitu paket suplemen harian, seperti vitamin C untuk menjaga kesehatan dan daya tahan tubuh.

“Halodoc percaya bahwa percepatan penanggulangan pandemi dapat tercapai dengan kolaborasi lintas sektor yang kuat. Oleh karena itu, menjadi suatu kehormatan bagi Halodoc dapat menjadi bagian dari inisiatif Danamon ‘World Kindness Day’ yang tidak hanya berfokus dalam upaya membantu pemulihan ekonomi, namun juga tetap memperhatikan aspek kesehatan para pelaku UMKM,” ujar Dionisius Nathaniel, Chief Marketing Officer Halodoc.

Peserta pelaku UMKM juga mendapat akses layanan streaming GoPlay selama 30 hari sebagai sarana hiburan untuk menjaga kesehatan mental. Topkarir memberikan akses keanggotaan selama 30 hari juga untuk mendapatkan konsultasi dengan para pekerja karir dan profesi. Program ini bagian dari kepedulian dan peran aktif Bank Danamon kepada masyarakat Indonesia yang terdampak selama pandemi.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini