Sukses

Intip 7 Produk BUMN Terbaik Pekan Ini, Apa Saja?

Pekan ini, terdapat 7 produk yang berasal dari beragam latar belakang usaha perseroan, mulai dari farmasi hingga konstruksi.

Liputan6.com, Jakarta - Staf Khusus Menteri BUMN Arya Sinulingga membeberkan produk-produk BUMN terbaik dalam Instagram TV (IGTV) akun pribadinya @arya.m.sinulingga.

Dalam kanal IGTV bertajuk BUMN Flash News, Arya menjabarkan produk BUMN yang menarik tiap pekan. Pekan ini, terdapat 7 produk yang berasal dari beragam latar belakang usaha perseroan, mulai dari farmasi hingga konstruksi.

Dikutip Liputan6.com, Kamis (12/11/2020), berikut daftar lengkapnya:

1. Garuda Indonesia - Sertifikat Khusus Layanan Kargo Farmasi

Arya menjelaskan, untuk menjadi proses pengiriman produk farmasi, maskapai BUMN Garuda Indonesia melengkapi kualitas pelayanannya dengan sertifikat khusus layanan kargk farmasi.

Proses ini mengacu pada pemenuhan 180 kriteria strandardisasi WHO meliputi handling, penyimpanan, distribusi produk dan pelatihan GDP bagi karyawan warehouse dan handling.

"Dengan ini, Garuda akan memperluas portofolio bisnis kargonya," kata Arya.

2. BioFarma - Pencegahan Pemalsuan Vaksin

Pencegahan pemalsuan vaksin Covid-19 ini dilakukan dengan 2D matriks berstandar GS-1. Selain itu, terdapat pula aplikasi Bio Tracking agar masyarakat dapat mengecek keaslian vaksin Covif-19.

"Ini dapat diunduh di aplikasi portabel konsumen," katanya.

3. Hutama Karya - Jembatan Penghubung Ibu Kota Baru dengan Teknik Cable Stayed Bridge

Menurut Arya, produk konstruksi yang menghubungkan Kabupaten Penajam Paser Utara dengan Balikpapan ini menarik karena menggunakan teknik Cable Stayed Bridge atau dibangun dengan kabel pra-tegang terpanjang yaitu 29 meter.

"Kita berterimakasih ke Hutama Karya karena mampu menyelesaikan proyek ini lebih cepat dari target, padahal masih korona. Dengan adanya jembatan ini, dari Penajam Paser Utara ke Balikpapan biasanya lewat halur laut 5 jam, jadi 1 jam saja," jelas Arya.

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

4. Kimia Farma - Klinik Kecantikan BUMN Pertama

 

BUMN memiliki klinik kecantikan pertama yaitu Marck's Venus Aestethic Clinic yang didukung dermatologis dan dokter berpengalaman. Keunggulannya, produknya bersifat personalized menyesuaikan jenis kulit individu.

"Klinik ini lokasinya di Jakarta, Bogor dan Bandung. Konsumen juga bisa memanfaatkan daring baik untuk mendapatkan skincare maupun konsultasi dokter online," katanya.

5. PT PAL - Integrasi Sistem Sensor KRI I Gusti Ngurah Rai

BUMN persenjataan ini juga telah merampungkan integrasi sistem sensor KRI I Gusti Ngurah Rai. KRI ini memiliki panjang 105,11 meter dengan berat 2.356 ton, berjenis kapal perang light dan dilengkapi sistem persenjataan meriam utama dan sistem rudal permukaan ke udara/SAM.

"Juga dilengkapi sistem pertahanan diri, sistem pelontar torpedo dan sistem rudal permukaan ke permukaan sehingga sangat lengkap untuk penyerangannya," jelas Arya.

Tak hanya itu, KRI ini juga memiliki sistem peperangan elektronik melalui System Electronic Counter Measure (SECM) dan Electronic Support Measure (ESM) yang diintegrasikan dalam Combat Management System (CMS).

"Kapal ini sudah diserahkan ke Kementerian Pertahanan dan semoga bisa menjadi kapal yang mengawal perairan Indonesia," katanya.

 

3 dari 3 halaman

6. ASDP Ferry - Tiket QR Code Penyebrangan Danau Toba

Dengan fitur QR Code untuk penyebrangan di destinasi superprioritas ini, para wisatawan bisa melakukan transaksi non cash yang lebih praktis dan mudah. Sementara, layanan ini hanya tersedia untuk uang elektronik BRI, Brizzi.

"Tapi kedepannya, BNI lewat Tapcash, Mandiri e-Money dan BCA flazz juga bisa. Diharapkan semakin memudahkan untuk naik kapal Ihan Batak di Pulau Samosir," katanya.

7. Pertamina - Tukar Tabung LPG ke Bright Gas

Pertamina menyediakan layanan tukar tabung dari gas elpiji 3 kg subsidi ke tabung gas 5,5 kg dan 12 kg, Bright gas. Ke depannya, Pertamina memang akan fokus mendistribusikan Bright gas dengan tabung berwarna pink karena dilenglapi valve double spindle sehingga lebih aman dalam penggunaannya.

"Jadi gas subsidi bisa lebih tepat sasaran," tuturnya.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.