Sukses

5 Langkah Kecil yang Bikin Hemat Bayar Tagihan Listrik

Ingin menghemat biaya tagihan listrik yang membludak? ikuti 5 langkah jitu ini

Liputan6.com, Jakarta Setiap rumah tentunya membutuhkan listrik untuk melakukan segala aktivitasnya. Tentunya ketika berbicara tentang tagihan listrik, biaya pemakaian di setiap rumah tidaklah sama dan tergantung dari pemakaiannya setiap hari.

Tidak dipungkiri ketika bekerja dari rumah tentunya tagihan listrik yang harus dibayar pun menjadi lebih membludak dan tidak sedikit orang yang menjadi pusing akibat hal tersebut.

Lantas bagaimana cara menghemat penggunaan listrik saat kondisi bekerja di rumah seperti sekarang? Mengutip dari Freemalaysiatoday, Kamis (5/11/2020) berikut beberapa tips yang bisa diikuti untuk mengontrol penggunaan listrik di rumah:

1. Pencahayaan alami

Mengapa harus menambah pembayaran lampu jika Anda dapat menggunakan cahaya alami dari pagi hingga siang hari secara gratis?

Ketika langit di luar sangatlah cerah, tidak salah untuk membuka seluruh tirai yang ada di rumah Anda dan matikan lampu.

Namun jika mata Anda tidak tahan dengan pantulan sinar matahari maka dapat menggantungkan tirai yang tipis untuk mengurangi silau dan panasnya.

2. Mandi sebentar

Ingatlah meski mandi memakai air panas yang lama dapat menenangkan diri namun juga dapat menambah tagihan listrik dan juga tagihan air yang membludak.

Selain itu juga perlu dipertimbangkan ketika menggunakan pemanas air juga dapat menghabiskan konsumsi energi yang tinggi.

 

 

Saksikan video di bawah ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Tips selanjutnya

3. Atur timer pada AC

Sepertinya tidak sedikit orang yang bisa hidup ataupun tidur di daerah tropis tanpa kipas angin bahkan AC. Namun juga tidak sedikit orang yang membiarkan AC menyala sepanjang malam.

Padahal, dengan menggunakan AC semalaman tidak dapat menghemat biaya karena akan memakan banyak listrik.

Ingatlah bahwa sebagian besar AC dilengkapi dengan pengatur waktu, sehingga dapat mati setelah beberapa jam tertentu. Dengan melakukan hal ini maka akan menghemat tagihan listrik di rumah Anda.

4. Jalankan mesin cuci dengan muatan penuh

Tahukan Anda bahwa satu beban besar dapat menghemat 25-50 persen energi dari dua beban kecil. Menggunakan mesin cuci dengan setengah beban juga akan membuang air dan energi listrik.

Alih-alih memasukkan setengah pakaian kotor, lebih baik untuk memasukkan semuanya sehingga dapat jauh lebih hemat.

5. Cabut kabel elektronik yang tidak digunakan

Poin nomor 5 ini menjadi salah satu kebiasan boros yang paling umum terjadi. Membiarkan perangkat terhubung ke dalam listrik tentunya akan memakan biaya penggunaan listrik.

Oleh karena itu jika perangkat atau peralatan Anda tidak digunakan lebih baik untuk mematikan daya dan lepaskan dari stopkontak.

Dengan melakukan hal ini, maka dapat menghemat biaya hingga 30 persen sekaligus juga menjaga elektronik Anda aman dari kerusakan akibat lonjakan listrik.

Solusi yang dapat diberikan adalah tidak ada salahnya untuk mencoba melakukan 5 hal kecil ini untuk menekan biaya listrik bulanan Anda.

 

Reporter: Tasya Stevany

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.