Sukses

Kerja Sama Transisi Energi Diperkuat Indonesia-Singapura Dalam Pertemuan Bilateral

Di kesempatan itu, kedua menteri sepakat untuk memperkuat potensi energi, seperti panas bumi di Sumatera.

Liputan6.com, Jakarta Menteri ESDM, Arifin Tasrif menghadiri pertemuan bilateral Indonesia-Singapura secara virtual pada Senin (26/10). Pada pertemuan itu Menteri Arifin menyampaikan bahwa kerja sama internasional dibutuhkan untuk mendukung transisi energi.

"Pertemuan bilateral dengan Singapura diharapkan dapat semakin meningkatkan kerja sama menghadapi berbagai tantangan transisi energi," tegas Arifin yang membahas isu kerja sama bilateral dan regional bersama delegasi Singapura, Dr Tan See Leng, Minister in the Prime Minister's Office sekaligus Second Minister for Trade and Industry dan Second Minister for Manpower.

Di kesempatan itu, kedua menteri sepakat untuk memperkuat potensi energi, seperti panas bumi di Sumatera. Selain kerja sama tersebut, saat ini Singapura juga memiliki berbagai investasi di Indonesia dalam subsektor migas, ketenagalistrikan, minerba, dan energi baru terbarukan.

Selain itu terkait kerja sama regional, Singapura menjadi ketua Regional Energy Policy and Planning Sub Sector Network (REPP-SSN) bertanggung jawab untuk melakukan penyusunan ASEAN Plan of Action on Energy Cooperation Phase 2: 2021-2025.

Dokumen kerja sama ini akan disahkan oleh Menteri Energi ASEAN pada pelaksanaan ASEAN Ministers' on Energy Meeting ke-38 pada November 2020.

REPP-SSN juga akan meluncurkan dokumen 6th ASEAN Energy Outlook, yang dikembangkan berdasarkan kebijakan energi dan target sepuluh negara anggota ASEAN. Dokumen ini akan menjadi sumber utama informasi, analisis, dan proyeksi energi di kawasan, dan memberikan wawasan yang mendalam tentang tren pasokan dan konsumsi energi ASEAN.

Dalam kesempatan itu, Singapura juga menyampaikan penghargaan atas partisipasi Menteri ESDM dalam Singapore International Energy Week (SIEW) 2020.

 

(*)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.