Sukses

Simak, Tips Bangun Budaya Kerja Kantor Biar Makin Nyaman

Ciptakanlah suasan budaya perusahaan yang baik agar pekerja pun merasa nyaman bekerja di perusahaan tersebut

Liputan6.com, Jakarta Dalam mencari pekerjaan tentunya perlu untuk mempertimbangkan beberapa faktor-faktor terlebih dahulu seperti jabatan, gaji, pekerjaan, keuntungan, dan lainnya.

Namun selain faktor-faktor tersebut, penting juga untuk melihat budaya perusahaan yang ada untuk melihat apakah sesuai dengan kepribadian Anda. Tentunya setiap perusahaan memiliki budayanya yang bervariasi dan berbeda-beda.

Budaya perusahaan menjadi faktor yang penting karena budaya perusahaan yang tepat akan meningkatkan produktivitas dan potensi untuk berkembang dalam pekerjaan yang dilakukan.

Mungkin tidak banyak orang yang mengetahui budaya perusahaan itu seperti apa? Budaya perusahaan sendiri meliputi nilai, etika, visi, perilaku, dan lingkungan kerja. Memiliki budaya perusahaan yang tepat tentunya akan menghasilkan semangat kerja yang tinggi, serta karyawan yang produktif.

Mengutip dari Freemalaysiatoday, Jumat (30/10/2020) berikut beberapa contoh dari budaya perusahaan yang bisa dijadikan inspirasi:

1.     Budaya perusahaan yang mengutamakan tim

Di mana perusahaan yang menekankan pada karyawan yang berorientasi pada tim untuk menyesuaikan budayanya terlebih dahulu baru diikuti oleh keahlian dan pengalaman yang dimiliki. Budaya seperti ini berfokus pada kepuasan karyawan yang menjadi prioritas utama mereka. 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Selanjutnya

2.     Budaya perusahaan elit

Cenderung fokus melakukan perubahan dunia melalui inovasinya. Budaya perusahaan elit ini hanya mempekerjakan yang terbaik karena mereka mengupayakan hasil yang optimal dan keinginan untuk menjadi kompeten.

3.     Budaya perusahaan horizontal

Ini adalah salah satu budaya yang relatif umum di mana jabatan dan peran ditingkat yang sama untuk semua karyawannya, sehingga semua orang terbuka untuk menyampaikan ide yang dimiliki.

4.     Budaya perusahaan konvensional

Lebih diadopsi oleh perusahaan tradisional di mana memakai pakaian yang pas dan hierarki yang mapan, budaya ini lebih ke arah bank dan firma hukum.

Oleh karena itu budaya kerja tradisional ini mungkin tidak cocok bagi generasi muda atau milenial karena dapat muncul rasa kebencian dan kurangnya semangat karena manajemen mikro yang ketat dari atasan.

5.     Budaya perusahaan progresif

Mencakup merger, akuisisi atau perubahan yang mendadak. Lingkungan ini memberi karyawan kesempatan untuk mengembangkan kembali peran, tujuan dan pernyataan misi mereka.

Jika Anda adalah orang yang sangat mudah beradaptasi terhadap perubahan baru dan mengadopsi ide baru, maka budaya perusahaan progresig ini cocok untuk Anda.

 

Reporter: Tasya Stevany

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini