Sukses

IPO Agensi BTS Meroket pada Debut di Bursa Korsel, Saham di Asia Bergerak Variatif

Saham di Asia-Pasifik beragam dalam perdagangan Kamis pagi, karena investor menyaksikan debut pasar dari label boyband BTS, Big Hit Entertainment.

Liputan6.com, Jakarta - Saham di Asia-Pasifik beragam dalam perdagangan Kamis pagi, karena investor menyaksikan debut pasar dari label BTS superstar K-pop, Big Hit Entertainment.

Dikutip dari CNBC, Kamis (15/10/2020), IPO Big Hit Entertainment di Korea Selatan dibuka dengan harga 270.000 won Korea (sekitar USD 236) per saham, menurut Refinitiv Eikon. Itu dua kali lipat harga penerbitan saham masing-masing 135.000 won Korea. Saham kemudian memperpanjang keuntungan dan terakhir diperdagangkan lebih dari 120 persen lebih tinggi dari harga penerbitannya.

Namun, saham perusahaan hiburan Korea Selatan lainnya mengalami penurunan antara lain YG Entertainment turun 7,48 persen, JYP Entertainment tergelincir 6,54 persen dan SM Entertainment merosot 4,83 persen.

Reuters melaporkan awal bulan ini bahwa investor ritel Korea Selatan telah mengajukan penawaran lebih dari USD 50 miliar, lebih dari 600 kali nilai saham yang ditawarkan, untuk mendapatkan saham Big Hit Entertainment. Itu terjadi setelah Big Hit Entertainment pada akhir September memberi harga sahamnya di batas atas.

Di pasar saham Asia-Pasifik, Kospi Korea Selatan tergelincir 1,26 persen. Sementara Nikkei 225 Jepang turun 0,37 persen dan indeks Topix turun 0,25 persen.

Sementara itu, saham di Australia naik tipis, dengan S&P/ASX 200 menguat 0,72 persen.

Indeks MSCI dari saham Asia-Pasifik di luar Jepang diperdagangkan 0,14 persen lebih rendah.

 

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Wall Street Ditutup Jatuh Seiring Ketidakpastian Stimulus Covid-19 di AS

Sementara itu, Bursa saham di Amerika Serikat (AS) jatuh dalam dua hari berturut-turut pada perdagangan Rabu setelah komentar dari Menteri Keuangan Steven Mnuchin mengurangi ekspektasi kesepakatan stimulus virus Corona yang dicapai sebelum pemilihan presiden 3 November mendatang.

Dikutip dari CNBC, Kamis (15/10/2020), Dow Jones Industrial Average turun 165,81 poin atau 0,6 persen ke level pada 28.514. S&P 500 ditutup lebih rendah 0,7 persen ke 3.488,67 dan Nasdaq Composite turun 0,8 persen menjadi 11.768,73.

Mnuchin mengatakan bahwa mendapatkan kesepakatan sebelum pemilihan akan sulit. Dia menambahkan bahwa kedua belah pihak masih terpisah jauh dalam masalah tertentu. Namun dia juga mencatat, bagaimanapun, bahwa Demokrat dan Republik membuat kemajuan di beberapa bidang.

Komentar Mnuchin muncul setelah Gedung Putih baru-baru ini mengusulkan USD 1,8 triliun untuk paket bantuan, yang menurut Ketua DPR Nancy Pelosi 'sangat kurang' dari apa yang dibutuhkan.

Pada hari Selasa, Pemimpin Mayoritas Senat Mitch McConnell mengatakan bahwa Senat akan memberikan suara pada RUU stimulus terbatas akhir bulan ini, yang akan menjadi 'bantuan yang ditargetkan untuk pekerja Amerika, termasuk pendanaan baru' untuk pinjaman usaha kecil Program Perlindungan Gaji.

"Investor terus bereaksi terhadap perkembangan diskusi stimulus, meskipun kemungkinan kesepakatan tercapai," kata Mark Hackett, Kepala Penelitian Investasi di Nationwide.

"Kesenjangan antara Demokrat DPR dan Gedung Putih telah menyempit menjadi sekitar USD 400 miliar ... meskipun perbedaan pada pendanaan pemerintah negara bagian dan lokal, bantuan perawatan kesehatan dan kredit pajak pembagian tetap ada," lanjut dia.

Yang pasti, juru bicara Pelosi mengatakan dia dan Mnuchin memiliki pembicaraan yang "produktif" pada hari sebelumnya.

Saham Amazon turun lebih dari 2 persen untuk memimpin sebagian besar emiten Teknologi Besar lebih rendah. Facebook dan Netflix masing-masing turun 1,6 persen dan 2,3 persen, serta Microsoft turun 0,9 persen.

Rata-rata saham utama lebih tinggi pada hari sebelumnya karena para pedagang meneliti melalui gelombang pendapatan perusahaan lainnya. 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.