Sukses

Dukung Pertanian Palas Lampung Selatan, Ditjen PSP Kementan Berikan RJIT

Liputan6.com, Jakarta Berbagai upaya terus dilakukan Kementerian Pertanian untuk membantu para petani meningkatkan produksi pertanian dan mendapatkan panen yang melimpah. Salah satunya adalah dukungan yang diberikan Ditjen Prasarana dan Sarana Pertanian (PSP) Kementerian Pertanian untuk pertanian di Kecamatan Palas, Lampung Selatan.

Dukungan tersebut berupa kegiatan padat karya Rehabilitasi Jaringan Irigasi Tersier (RJIT). Menteri Pertanian Syahrul Yasin LImpo mengatakan kegiatan RJIT dilakukan untuk menjamin agar kegiatan pertanian tidak terkendala.

“Dalam kondisi menghadapi Covid-19 dan juga ancaman kekeringan, kita harus menjamin pertanian tetap berlangsung. Kementerian Pertanian mendukung hal itu dengan melakukan Rehabilitasi Jaringan Irigasi Tersier (RJIT) untuk memastikan lahan pertanian mendapat air yang cukup,” katanya, Kamis (1/10/2020).

Dirjen PSP Kementerian Pertanian, Saro Edhy, mengatakan kegiatan RJIT di Desa Bumi Asri, Kecamatan Palas, Lampung Selatan, dilakukan oleh Kelompok Tani Karya Mekar dengan ketua Marsono

“Kegiatan RJIT kita lakukan karena Kondisi saluran dangkal dan membuat aliran air menjadi tidak lancar. Tapi dengan rehabilitasi, saluran menjadi permanen dan lancar,” terang Sarwo Edhy.

Dengan RJIT, luas oncoran mengalami peningkatan. Jika sebelumnya luas oncoran 200 ha, dengan RJIT menjadi 250 ha. Indeks pertanaman pun meningkat dari 1 menjadi IP 2. Begitu juga dengan Provitas yang meningkat jadi 6.6 ton/ha dari 5.4 ton/ha.

 

(*)