Sukses

Gelombang 10 Bakal jadi Penutup Program Kartu Prakerja?

Liputan6.com, Jakarta - Pemerintah hingga kini belum menetapkan jadwal pendaftaran Kartu Prakerja gelombang 10. Kartu Prakerja Gelombang 10 ini kemungkinan besar akan menjadi tahap terakhir untuk pendaftaran Kartu Prakerja di tahun 2020.

Terkait hal itu, Head of Communication Manajemen Pelaksanaan (PMO) Kartu Prakerja, Louisa Tuhatu mengatakan masih menunggu arahan dari Komite Cipta Kerja (KCK). “Manajemen Pelaksana masih menunggu keputusan dari Komite Cipta Kerja,” ujar dia saat dikonfirmasi Liputan6.com, Jumat (25/9/2020).

Sebagai informasi, hari ini penerima prakerja gelombang 9 diumumkan. “Selamat bagi Sobat yang telah mendapat SMS pengumuman sebagai penerima Kartu Prakerja Gelombang 9,” dikutip dari laman instagram @prakerja.go.id.

Sebelumnya, PMO kartu prakerja menyebutkan jumlah kuota untuk gelombang 9 sebanyak 800.000 penerima. Dengan demikian, total penerima kartu prakerja gelombang 1 hingga 9 telah mencapai 5,4 juta penerima, dari target pemerintah sebanyak 5,6 penerima di tahun 2020.

Rinciannya, gelombang 1 hingga gelombang 3 masing-masing 200.000 penerima. Sementara gelombang 4 sampai dengan gelombang 9, masing-masing 800.000 penerima. Sehingga, sesuai target maka kemungkinan besar gelombang 10 akan dibuka dengan kuota sekitar 200.000 penerima.

Sebagai catatan, jumlah tersebut belum termasuk perhitungan ulang dari peserta Kartu Prakerja yang telah dicabut kepesertaannya.

2 dari 4 halaman

Deretan Manfaat yang Bisa Didapat dengan Ikut Program Kartu Prakerja

Pendaftaran Kartu Prakerja sudah mencapai gelombang 9. Sejauh ini,  pendaftar dan penerima Kartu Prakerja sudah mencapai lebih dari 23 juta orang.

Tujuan diadakannya program Kartu Prakerja ini adalah memberikan keterampilan yang bisa digunakan untuk kebutuhan industri maupun berwirausaha.

Sehingga terdapat banyak manfaat yang bisa Anda dapatkan dalam Kartu Prakerja. Bagi

Anda yang sudah mendaftarkan diri hingga gelombang 9 dan belum mengetahui apa saja manfaat dari penggunaan Kartu Prakerja.

Mengutip dari laman instagram @prakerja.go.id, Jumat (25/9/2020) berikut manfaat dari penggunaan Kartu Prakerja:

1. Setiap peserta akan mendapatkan bantuan sebesar Rp 3.550.000 di mana bantuan ini terdiri dari

·      Biaya pelatihan sebesar Rp 1.000.000

·      Insentif pasca pelatihan sebesar Rp 600.000 per bulan selama 4 bulan

·      Insentif survei kebekerjaan dengan total Rp 150.000

Setiap peserta hanya bisa mendapat manfaat Kartu Prakerja sekali seumur hidup. Sehingga jangan lupa untuk pergunakan dengan bijak ya!

Nah tunggu apa lagi, bagi yang ragu dan belum mendaftar segera daftarkan program Kartu Prakerja, jangan sampai kelewatan!

Reporter: Tasya Stevany 

3 dari 4 halaman

Belajar Bahasa Inggris Bisa Lewat Kartu Prakerja, Begini Caranya

Program Kartu Prakerja yang dicanangkan pemerintah kini telah berjalan hingga gelombang 9 dengan kuota 800 ribu peserta per gelombang. Selain menawarkan insentif pasca pelatihan sebesar Rp 600 ribu, benefit yang tak kalah penting dari program ini adalah pelatihan.

Dengan dana pelatihan maksimal Rp 1 juta, peserta bisa memilih pelatihan yang sesuai dengan kebutuhannya, contohnya bahasa Inggris. Di Prakerja, terdapat beberapa mitra kerjasama yang menyediakan pelatihan ini.

Misalnya English First, yang menyediakan kursus bahasa Inggris dengan berbagai tipe seperti umum, bisnis dan industri. Penggunaannya juga bisa dikerucutkan untuk penggunaan di industri perbankan, logistik, pariwisata, militer dan lain sebagainya.

Lalu, di Cakap, pelatihan bahasanya bisa disesuaikan untuk driver ojek online, pariwisata, pencari kerja/fresh graduate dan jenis pekerjaan lainnya dengan paket 1 dan 3 bulan. Begitu pula dengan Skill Academy yang menyediakan kelas TOEFL dan IELTS.

Selain untuk meningkatkan kemampuan bahasa, belajar bahasa Inggris juga membantu memperluas jaringan, memperluas peluang kerja dan mempermudah perjalanan bisnis. Jika tertarik, Anda cukup mendaftar Kartu Prakerja dan mengikuti langkah di bawah:

1. Pastikan Anda telah terdaftar dan diterima sebagai peserta program Kartu Prakerja di www.prakerja.go.id

2. Pilih kategori Bahasa dan tentukan jenis pelatihan yang dibutuhkan

3. Klik beli, lalu pilih pembayaran melalui Kartu Prakerja. Isi 16 nomor kartu dan klik Bayar. Tunggu SMS berisi kode verifikasi yang akan dikirimkan setelahnya.

4. Setelah terverifikasi, cek kode voucher pada histori pemesanan dan masukkan kode tersebut untuk mendapatkan pelatihan

5. Selamat, Anda bisa mulai berlatih bahasa Inggris dengan Kartu Prakerja!     

4 dari 4 halaman

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini: