Sukses

Strategi Bola Salju Utang, Cara Lunasi Pinjaman Secara Perlahan

Liputan6.com, Jakarta Bola salju utang adalah salah satu cara untuk keluar dari jeratan utang dan mendapatkan kendali atas keuangan Anda.

Ini diungkapkan pakar keuangan, Dave Ramsey yang juga CEO Ramsey Solutions yang dikutip dari foxbusiness, Jumat (25/9/2020). Dave juga adalah penulis 7 buku terlaris, salah satunya berjudul "The Total Money Makeover." 

Dia pun membeberkan salah satu cara melunasi utang. Secara khusus, strategi ini adalah bagian dari rencana di mana Anda fokus dengan anggaran dan melihat semua uang yang dimiliki.

Kemudian, buat daftar utang Anda dari yang terkecil sampai terbesar - kecuali utang rumah - dan lunasi dalam urutan itu. Strategi ini disebutnya bola salju utang.

Menurut Dave, ada berbagai macam argumen tentang cara membayar utang yang dimiliki, seperti membayar yang memiliki tingkat bunga tertinggi terlebih dahulu dan lainnya. 

Namun ditegaskan jika membayar utang merupakan pelajaran tentang psikologi, bukan matematika. Keuangan pribadi adalah 80 persen perilaku dan 20 persen pengetahuan.

Sebaiknya, lunasi utang dari yang terkecil hingga terbesar, kecuali jika ada keadaan darurat yang sangat besar. Seperti menghadapi ancaman penyitaan, atau kreditor yang terus menagih.

Alasan melunasi utang dari yang terkecil hingga terbesar adalah untuk membangun kepercayaan dan antusiasme karena Anda merasa mendapatkan kepuasan dengan cepat.

Ketika Anda memulai bola salju utang, di mana dalam beberapa hari pertama mampu melunasi beberapa utang, itu akan menyalakan api semangat mengambil langkah berikutnya. Kemudian Anda mulai percaya bahwa benar-benar dapat melakukannya.

 

2 dari 3 halaman

Fokus pada anggaran

Setelah membuat daftar utang dari yang terkecil sampai yang terbesar, bayarlah pembayaran minimum agar tetap lancar untuk semua utang itu. Setiap rupiah yang dapat Anda dapatkan pakai untuk membayar utang yang terkecil sampai lunas.

Setelah utang terkecil dibayar, pembayaran beralih ke utang terkecil berikutnya. Kemudian, ketika utang nomor dua lunas, Anda mengambil uang yang biasa dibayarkan pada nomor satu dan dua, dan Anda membayarnya pada nomor tiga. Ketika tiga dibayar, Anda menyerang nomor empat dan seterusnya.

Elemen utama yang membuat bola salju utang bisa berhasil, adalah penganggaran. Perjelas arus kas sebelum Anda memulai bola salju hutang, pembayaran terkecil hingga terbesar, pengorbanan, disiplin, dan intensitas terfokus.

Jika Anda berpikir bahwa bola salju hutang hanyalah tipuan lain atau sesuatu yang mungkin Anda coba, itu tidak akan berhasil. Anda harus melakukan segalanya untuk menang! Melunasi semua hutang dan bebas darinya.

Reporter: Erna Sulistyowati

 

3 dari 3 halaman

Saksikan video di bawah ini: