Sukses

4 Tips Hebat Kurangi Biaya Berlebih saat Baru Membangun Bisnis

Liputan6.com, Jakarta Memulai bisnis memang baik, akan tetapi harus dipikirkan dengan matang apa yang diperlukan. Jangan sampai ada biaya berlebih yang tidak sesuai dengan konsep awal.

Meskipun sebagian besar biaya berlebih sangat penting untuk kelangsungan bisnis apa pun, Anda dapat menguranginya tanpa mengambil jalan pintas sehingga tidak lepas kendali dan tidak membahayakan operasi bisnis. 

Melansir dari Lifehack.org, Kamis (17/9/2020) berikut 4 tips untuk mengurangi biaya berlebih saat memulai bisnis:

1. Temukan ruang kantor yang lebih murah tapi lebih baik

Biaya menyewa tempat bisnis biasanya tinggi. Faktanya, ini menyumbang sebagian besar dari keseluruhan pengeluaran bisnis, jadi ini adalah tempat yang baik untuk memulai mengurangi biaya berlebih.

Anda dapat menemukan kantor yang lebih baik dan lebih murah dengan mempertimbangkan kantor yang lebih kecil jika kantor Anda saat ini memiliki lebih banyak ruang daripada yang dibutuhkan. 

Selain itu, Anda dapat mempertimbangkan untuk mengizinkan beberapa staf bekerja dari rumah. Tentu saja, ini berlaku untuk staf yang tidak harus hadir secara fisik di kantor untuk menyelesaikan pekerjaan, yaitu staf entri data. 

Ada pilihan lain seperti layanan kantor virtual. Opsi semacam itu memungkinkan Anda untuk mendapatkan semua manfaat memiliki kantor di lokasi bergengsi tanpa biaya tinggi.

2. Pekerjaan outsourcing

Gaji juga merupakan pengeluaran penting untuk bisnis apa pun termasuk bisnis kecil. Salah satu cara terbaik untuk mengurangi berlebih staf adalah dengan melakukan outsourcing pekerjaan. 

Misalnya, alih-alih mempekerjakan staf pendukung untuk menjawab panggilan, Anda dapat melakukan outsourcing pekerjaan semacam itu ke perusahaan khusus. 

Ada banyak perusahaan outsourcing yang tersedia saat ini yang menangani semua jenis tugas kantor dengan biaya yang sangat murah. Anda hanya perlu memilih perusahaan outsourcing yang paling cocok. 

Anda bahkan dapat menemukan freelancer online menggunakan situs web seperti Glints. Ini lebih murah dan lebih baik daripada merekrut dan melatih staf tetap jika Anda bekerja dengan anggaran yang ketat.

 

2 dari 3 halaman

3. Menghemat biaya perjalanan bisnis

Sebagai pemilik bisnis kecil, Anda akan diminta untuk melakukan banyak perjalanan mencari dan membangun jaringan. Walaupun begitu, Anda dapat memangkas biaya perjalanan tanpa mengorbankan pertumbuhan bisnis. 

Daripada mengunjungi pelanggan secara langsung setiap kali ingin menjalankan bisnis, Anda dapat memilih opsi seperti telekonferensi, obrolan video, dll. Opsi tersebut sangat hemat biaya untuk menjalankan bisnis dengan orang yang pernah ditemui sebelumnya. 

Anda harus membatasi perjalanan ke pertemuan penting saja, misalnya pembaruan bisnis tahunan atau saat bertemu klien untuk pertama kalinya. 

Ketika harus bepergian, Anda harus memesan perjalanan terlebih dahulu dan memilih opsi yang lebih murah yaitu ekonomi daripada kelas bisnis.

4. Bergabunglah dengan klaster bisnis dan manfaatkan pemesanan massal

Ini adalah tips bagus lainnya saat Anda ingin mengurangi biaya mendapatkan persediaan bisnis. Dalam kebanyakan kasus, bisnis kecil tidak punya uang untuk membeli barang dalam jumlah besar. 

Anda masih dapat memanfaatkan diskon pemesanan massal bekerja sama dengan bisnis lain seperti bisnis Anda dan memesan persediaan sebagai klaster. Dengan cara ini, Anda tidak perlu mengeluarkan uang lebih dari yang seharusnya, tetapi tetap mendapatkan diskon besar.

Reporter: Erna Sulistyowati

 

3 dari 3 halaman

Tonton Video Ini