Sukses

Deadline Pekerjaan Menghantui? Begini Menyiasatinya

Ikutilah tips ini agar deadline tidak menghantui pekerjaan Anda lagi.

Liputan6.com, Jakarta Kata ‘deadline’ seakan momok mengerikan bagi banyak pekerja. Banyak orang yang berjuang untuk menyelesaikan tenggat waktu pekerjaannya sebelum deadline menghampiri.

Reputasi setiap pekerja ternyata juga bergantung pada seberapa efisien memenuhi deadline yang diberikan. Jika karyawan gagal memenuhi deadline yang diberikan maka akan dianggap sebagai karyawan yang tidak dapat diandalkan. 

Lantas apa saja yang membuat seseorang melewatkan waktu deadline yang sudah diberikan? Melakukan pekerjaan dengan baik sama pentingnya dengan menyelesaikan pekerjaan tepat waktu.

Deadline tidak hanya penting untuk manajemen waktu dan mencapai tujuan, namun juga memotivasi untuk bekerja keras dan lebih produktif.

Tidak semua orang dapat mengatur waktu dengan efisien, sehingga dapat memenuhi deadline menajdi perjuangan yang berat bagi banyak orang. Namun atasan Anda tentunya tidak peduli dengan alasan melewatkan deadline yang diberikan.

Lantas bagaimanakah cara agar bisa memenuhi deadline dan menyelesaikan pekerjaan yang diberikan tepat waktu? Melansir dari Timesofindia, Selasa (15/9/2020) berikut beberapa tips yang dapat membantu Anda:

1. Buatlah daftar semua pekerjaan yang perlu dilakukan

Kurangnya perencanaan menjadi salah satu penyebab utama Anda melewatkan deadline. Mulailah hari dengan menuliskan apa yang perlu diselesaikan hari itu dan tentunya Anda harus mengikutinya.

Demikian pula daftar lain yang harus disimpan untuk tenggat waktu yang harus dipenuhi pada waktunya. Ini dapat membantu Anda untuk mengatur beban kerja dan mengingat tentang tanggal deadline yang tertunda.

 

 

Saksikan Video Pilihan Berikut Ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Tipsnya

 

2. Perkirakan waktu yang dibutuhkan untuk menyelesaikannya

Buatlah waktu yang Anda butuhkan untuk menyelesaikan berbagai proyek atau tugas yang diberikan. Ini adalah pelajaran sederhana tentang manajemen waktu.

Ada banyak aplikasi yang dapat digunakan untuk membuat daftar tugas dan memperkirakan waktu yang dibutuhkan untuk menyelesaikan tugas. Mengatur waktu bisa sangat membantu untuk mengikuti jadwal yang telah dibuat.

3. Prioritaskan daftar tugas 

Setiap orang memiliki cara masing-masing untuk memprioritaskan hal-hal. Beberapa orang suka melakukan yang sulit terlebih dahulu lalu yang mudah, tetapi beberapa orang melakukan sebaliknya. Penting untuk menemukan kekuatan Anda dan bertindak sesuai dengan itu.

4. Jangan lupa untuk menghargai diri sendiri dari waktu ke waktu

Agar diri Anda tetap termotivasi haruslah belajar bagaimana menghargai diri sendiri karena telah melakukan pekerjaan dengan baik dan berpegang teguh pada rutinitas yang telah dibuat. Saat Anda menyelesaikan satu pencapaian, hadiahi diri sendiri atas pencapaian tersebut.

5. Jika deadline itu sewenang-wenang atau tidak mungkin, maka sampaikan kepada orang lain

Jika deadline yang diberikan tampak mustahil untuk dilakukan, Anda harus menyampaikan kepada manajer atau atasan.

Jika manajer setuju bahwa hal tersebut benar-benar sangat menakutkan dan sangat tidak mungkin untuk bertemu, maka Anda dapat menegosiasikan waktu atau lebih banyak tenaga untuk dilibatkan dalam menyelesaikan tugas tersebut.

Namun jika manajer tidak setuju dengan apa yang diusulkan, maka Anda sellau dapat meminta nasihat dan bantuannya. Membahas masalah seperti itu di awal sangatlah penting untuk dilakukan

 Reporter: Tasya Stevany

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.