Sukses

40 Persen Arus Logistik Dunia Lintasi Indonesia, Pemerintah Bisa Apa?

Kemenhub membeberkan langkah-langkah Ditjen Hubla dalam membangun konektivitas jalur logistik laut yang kompetitif dan terintegrasi.

Liputan6.com, Jakarta - Direktur Jenderal Perhubungan Laut (Hubla) Kementerian Perhubungan (Kemenhub) R. Agus H. Purnomo membeberkan langkah-langkah Ditjen Hubla dalam membangun konektivitas logistik jalur laut yang kompetitif dan terintegrasi.

Agus menyatakan, sekitar 90 persen angkutan kargo diangkut melalui transportasi laut. Dimana 40 persennya berlayar melewati wilayah Indonesia sehingga ke depan, Indonesia harus bisa menangkap peluang ini sebaik-baiknya.

"Pemerintah, Pak Menhub sekarang memfokuskan bagaimana konektivitas wilayah Timur dan di 3T betul-betul fokus sehingga pertumbuhan ekonomi bisa merata," ujar Agus dalam tayangan virtual, Senin (24/8/2020).

Sesuai dengan isu strategis transportasi laut tahun 2020-2024, Kemenhub akan fokus menyiapkan sarana dan prasarana untuk mendukung konektivitas logistik, kemudian melakukan integrasi dan pemerataan sehingga seluruh wilayah Indonesia bisa menikmati aksesibiltias melalui jalur laut.

Mulai dari pelabuhan, hingga saat ini terdapat total 636 pelabuhan yang terdiri dari 28 pelabuhan utama, 164 pelabuhan pengumpul, 166 pelabuhan pengumpan regional dan 278 pelabuhan pengumpan lokal. Lalu, terdapat 1.321 rencana lokasi pelabuhan dengan 55 terminal yang merupakan bagian dari pelabuhan umum.

Agus menyatakan pihaknya tengah mendorong konektivitas antara pelabuhan dengan jaringan industri. Pelabuhan-pelabuhan akan diupgrade menjadi lebih besar sehingga bisa disandarkan kapal kargo yang ukurannya juga besar.

"Kita juga lakukan integrasi kawasan dengan infrastruktur. Beberapa pelabuhan didukung kawasan industri di belakangnya, kita akan bangun lagi supaya logistiknya bisa efisien," ujar Agus.

Pihaknya juga akan mendorong bangkitnya pariwisata melalui pembangunan pelabuhan untuk pengembangan Kawasan Ekonomi Khusus (KEK) seperti Mandalika yang didukung Pelabuhan Gili Mas, lalu di KEK Galang Batang, Bitung dan lainnya.

 

** Saksikan "Berani Berubah" di Liputan6 Pagi SCTV setiap Senin pukul 05.30 WIB, mulai 10 Agustus 2020

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Program Tol Laut

Lalu dari program tol laut, terdapat 26 rute yang dapat dimanfaatkan masyarakat khususnya di wilayah Timur Indonesia hingga saat ini. Agus juga mendorong agar para wirausahawan memanfaatkan tol laut supaya bisnis mereka tumbuh, lapangan kerja tercipta dan ekonomi bangkit di tengah pandemi.

"Kami juga punya program 110 trayek perintis untuk mengangkut penumpang, jadi bagaimana penumpang di pulau-pulau yang tidak ada angkutan laut bisa bepergian. Kapal ini juga bisa mengangkut barang dengan jumlah terbatas, secukupnya untuk kebutuhan daerah tertentu," kata Agus.

Selain itu, pihaknya juga menyiapkan 40 reefer container untuk mendukung nelayan-nelayan kecil agar bisa menjual ikan dengan harga pantas.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini