Sukses

SESM Gandeng ITB untuk Riset Pengembangan PLTS

Liputan6.com, Jakarta - PT. Sumber Energi Sukses Makmur (SESM) menggandeng Institut Teknologi Bandung (ITB) untuk riset pengembangan Pembangkit Listrik Tenaga Surya (PLTS).

Presiden Direktur SESM Zulfian Mirza mengatakan, SESM perusahaan produsen energi bersih, menyerahkan dana riset pengembangan PhotoVoltaic kepada Program Studi Teknik Metalurgi ITB. Hal ini merupakan bentuk dukungan perusahaan ke dunia pendidikan untuk pengembangan Energi Baru Terbaruakan (EBT) di Indonesia.

“Dukungan SESM terhadap ITB merupakan bentuk sinergi kami dalam membangun energi berkelanjutan di Indonesia” kata Zulfian, di Jakarta, Jumat (14/8/2020).

Zulfian berharap, atas Kerjasama ini ITB juga dapat melakukan riset secara optimal untuk kepentingan industri solar panel tanah air. Lebih jauh pihaknya juga mengapresiasi kerjasama kedua belah pihak yang terjalin baik selama ini.

Dia menyampaikan, perkembangan bisnis SESM dalam pengembangan EBT di tanah air, yang telah menjalin kerjasama dengan perusahaan perkebunan kelapa sawit di Sumatera Selatan dan mitra dari China, untuk pengembangan PLTS berkapasitas 10.5 MW. Selanjutnya, pihaknya juga tengah menjajaki kerjasama pembuata mobil listrik yang rencananya akan dikembangkan di Batam.

“Perusahaan ini sangat berkomitmen dengan pengembangan renewable energy. Kita berharap FTTM bisa terus mengembangkan riset dan masuk ke industri lebih lanjut” ujarnya.

Pada kesempatan tersebut Dekan FTTM ITB Ridho K Wattimena berharap bantuan ini dapat segera dimanfaatkan untuk pengembangan penelitian lebih lanjut.

“Mudahan bantuan ini dapat segera kita manfaatkan untuk penelitian di Metalurgi” tandasnya.

 

** Saksikan "Berani Berubah" di Liputan6 Pagi SCTV setiap Senin pukul 05.30 WIB, mulai 10 Agustus 2020

2 dari 3 halaman

PLTS Musi Green Hybrid Mulai Beroperasi Januari 2021

Industri kelapa sawit di Sumatera Selatan akan mendapat pasokan listrik dari energi Pembangkit Listrik Tenaga Surya (PLTS) Musi Green Hybrid, yang dibangun PT Sumber Energi Sukses Makmur (SESM) dengan Sungrow Power Supply Co Ltd.

President Direktur Sumber Energi Sukses Makmur Zulfian Mirza mengatakan, proyek pembangunan PLTS berkapasitas 10,5 Mega Watt (WM) akan memulai konstruksi pada September 2020 dan direncanakan beroperasi pada Januari 2021, sesuai perencanaan awal proyek.

"PLTS ini merupakan kelanjutan dari proses tender pengadaan PLTS 10.5 MW di Sumatera Selatan," kata Zulfian, di Jakarta, Selasa (12/8/2020).

Sumber Energi Sukses Makmur sebelumnya sudah menandatangani Kontrak Kerjasama dengan perusahaan yang bergerak dibidang perkebunan sawit di Sumatera Selatan pada 27 Februari 2020. Kerjasama ini mencakup pengadaan listrik bagi kebutuhan perkebunan dimana SESM sebagai pihak yang membangun PLTS Musi Green Hybrid 10,5 MW dan mengoperasikannya selama 20 tahun.

Zulfian menambahkan, Sumber Energi Sukses Makmur berkomitmen akan mengembangkan PLTS baik di darat atau di lokasi perairan seperti lahan bekas lahan tambang dan atap bangunan. Perusahaan juga sedang menjajaki kerjasama dengan beberapa perusahaan tambang dan pemerintah pusat.

Dalam waktu dekat Sumber Energi Sukses Makmur juga akan mendapatkan kontrak pemasangan PLTS 5 MW di atap galangan kapal di Batam.

3 dari 3 halaman

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini: