Sukses

Waspadai Resesi, Dorong Konsumsi Dalam Negeri

Pandemi Covid-19 memang sangat berdampak pada sektor ekonomi dunia, termasuk Indonesia.

Liputan6.com, Jakarta Ancaman resesi ekonomi yang berkelanjutan akan berdampak pada tatanan kehidupan masyarakat di masa pandemi Covid-19. Berbagai upaya harus dilakukan agar kelangsungan hidup warga negara tetap terjamin.

"Suka tidak suka, saat ini kita sudah pada satu titik bahwa resesi ekonomi di depan mata. Kondisi itu terlihat dari mulai bermunculannya masalah-masalah sosial dalam keseharian kita," kata Wakil Ketua MPR RI, Lestari Moerdijat saat menyampaikan pengantar dalam diskusi daring yang bertema Meramu Resep Menghadapi Ancaman Resesi Ekonomi, Kamis (13/8/2020).

Diskusi yang digelar Forum Diskusi Denpasar12 bekerja sama dengan DPP Partai NasDem Koordinator Bidang Kebijakan Publik dan Isu Strategis itu menghadirkan sejumlah narasumber antara lain, Enggartiasto Lukita (Menteri Perdagangan RI, Kabinet Kerja 2016-2019), Shanti Shamdasani (President/Senior Advisor at ASEAN International Advocacy), Dr. Hendri Saparini (Founder CORE Indonesia), Berly Martawardaya S.E., M.Sc (Direktur Riset INDEF), dan Dianta Sebayang, PhD (Ketua Pusat Inovasi Bisnis dan Ekonomi/ Dosen Universitas Negeri Jakarta)

Selain itu, dalam diskusi yang dimoderatori Indra Maulana (Head of News Production Medcom.Id) itu, hadir pula Suryapratomo (Wartawan Senior, Dewan Redaksi Media Group) dan Dr. Azrul Tanjung (Ketua Komisi Ekonomi Umat, MUI) sebagai panelis.

Menurut Rerie, sapaan akrab Lestari, pandemi Covid-19 memang sangat berdampak pada sektor ekonomi dunia, termasuk Indonesia.

Legislator Partai NasDem itu menegaskan, dengan kondisi ekonomi seluruh negara di dunia dihantui resesi ekonomi, yang terjadi saat ini adalah setiap negara akan berupaya menyelamatkan negaranya masing-masing.

"Pada akhirnya bangsa kita harus berupaya untuk mempertahankan diri dengan kemampuan sendiri, dari dampak ancaman krisis ekonomi," ujarnya.

Memang, menurut Rerie, pertumbuhan sejumlah sektor di dalam negeri, seperti sektor industri dan perdagangan, saat ini mengalami kontraksi yang signifikan.

Namun di sisi lain, tambahnya, ada sektor yang masih mencatatkan pertumbuhan, seperti pertanian, kesehatan, telekomunikasi dan IT.

"Dengan kondisi sejumlah sektor mengalami kontraksi, kita harus segera memanfaatkan peluang-peluang yang kita miliki dari sektor yang potensial untuk menahan dampak ancaman resesi," ujar Rerie.

 

Saksikan video di bawah ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Kondisi Sulit

Menteri Perdagangan RI, Kabinet Kerja 2016-2019, Enggartiasto Lukita menilai kondisi saat ini adalah kondisi yang sulit.

Menurut dia, tidak ada satu negara pun yang mempunyai pengalaman menghadapi pandemi Covid-19, sehingga tidak ada negara yang siap.

"Saat ini sisi pasokan dan permintaan sangat terpukul, kondisinya berbeda jika dibandingkan dengan krisis ekonomi 1998," ujarnya.

Tugas pemerintah saat ini, tambah Enggartiasto, adalah mengawal sisi pasokan dan permintaan dalam rangkaiian proses produksi agar tetap terjadi.

Karena itu, tegasnya, pemerintah bersama pengusaha harus bahu membahu mengangkat sejumlah sektor potensial dan membuka peluang-peluang pasar yang ada.

"Mendorong konsumsi domestik dengan mengutamakan untuk membeli produk-produk dalam negeri, bisa diupayakan untuk menggerakkan ekonomi," ujar dia.

President/Senior Advisor at ASEAN International Advocacy, Shanti Shamdasani menyambut baik kebijakan 'gas dan rem' yang diterapkan Pemerintah dalam menghadapi wabah Covid-19 di Tanah Air. "Karena, bila sama sekali tidak ada kegiatan untuk mencegah penyebaran virus, pukulan terhadap sektor ekonomi semakin parah."

Dia juga mengingatkan, Pemerintah untuk mengandalkan potensi dalam negeri untuk mendorong pertumbuhan. Karena, tambahnya, opsi berutang untuk mendorong kegiatan ekonomi di dalam negeri akan sulit. Pasalnya, banyak negara di dunia saat ini membutuhkan pinjaman untuk menyelamatkan ekonominya.

Founder CORE Indonesia, Hendri Saparini menilai di tengah ancaman resesi, Indonesia masih bisa berharap dari pertumbuhan konsumsi domestik untuk mengerek perkonomian ke arah positif.

Stimulus ekonomi yang diberikan, menurut dia, jangan hanya dalam bentuk bantuan langsung tunai semata. Lebih dari itu, tegasnya, membuka proyek-proyek atau program padat karya di banyak daerah akan memberikan dorongan terhadap pertumbuhan ekonomi yang lebih besar.*

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.