Sukses

Merasa Mentok dalam Pekerjaan? Atasi Dengan 7 Cara Ini

Liputan6.com, Jakarta Ada bebepa orang yang merasa mentok dalam pekerjaannya dan mencoba melarikan diri dari tanggung jawab tersebut. Terlepas dari mengapa Anda berada dalam pekerjaan yang mungkin tidak Anda sukai, kebenarannya adalah bahwa posisi ini akan tetap menjadi realitas sampai mampu mengukir jalan lain untuk diri sendiri.

Pada akhirnya, terserah Anda untuk membentuk realitas. Apakah lebih suka muncul untuk bekerja setiap hari dengan sikap negatif atau hadir setiap hari dengan sikap positif?

Jika Anda telah memilih opsi yang terakhir, berikut adalah 7 cara yang dapat Anda lakukan untuk menghadapi situasi kerja seperti melansir lifehack.org, Sabtu (15/8/2020) yang dapat mengubah arah pandangan profesional Anda.

1. Cari Tahu Dari Mana Sumber Ketidakpuasan Berasal

Luangkan waktu untuk duduk dan mencari tahu dari mana ketidakpuasan ini berasal. Apakah Anda tidak puas dengan jumlah uang yang dihasilkan? 

Apakah ada orang di tempat kerja Anda yang membuat kehidupan profesional jadi sengsara? Apakah menghabiskan terlalu banyak waktu untuk pergi ke dan dari tempat kerja? Apakah bekerja terlalu banyak dan mampu merawat diri sendiri dan aspek kehidupan dengan benar?

Apa pun masalahnya, penting untuk mencatat masalah ini karena ini akan membantu Anda menentukan di mana tidak puas dengan pekerjaan, dan akan memberi sesuatu untuk diselesaikan sehingga tidak menyalahkan pekerjaan Anda sebagai keseluruhan untuk ketidakpuasan.

2. Fokus Pada Aspek Positif Pekerjaan 

Tidak peduli seberapa suram pandangan Anda saat ini tentang pekerjaan, kebenarannya adalah bahwa selalu ada aspek positif untuk setiap peran profesional, bahkan jika Anda harus terlihat sedikit lebih sulit untuk menemukannya.

Positif ini dapat ditemukan di hampir setiap bagian dari hari kerja dan terserah Anda untuk membingkai mereka dengan cara yang benar sehingga dapat menantikannya daripada takut. 

Beberapa aspek positif seperti istirahat makan siang yang panjang dan beberapa istirahat kecil yang memberi Anda waktu untuk memberi energi kembali. Kantor dekat dengan rumah sehingga Anda tidak perlu stres tentang perjalanan yang melelahkan di pagi atau malam hari.

Meskipun contoh-contoh ini mungkin atau tidak berlaku untuk kehidupan profesional Anda, hal tersebut berfungsi sebagai pengingat bahwa selalu dapat menemukan hal yang berkesan dari pekerjaan.

Setelah menemukan bagian-bagian yang membuat Anda bahagia, pastikan untuk fokus pada bagian-bagian itu sepanjang hari kerja untuk meningkatkan suasana hati dan pekerjaan Anda secara keseluruhan.

 

2 dari 4 halaman

3. Temukan Tujuan Besar dalam Pekerjaan

Pekerjaan tidak pernah hanya pekerjaan. Adalah pekerjaan layanan yang dilakukan untuk mencapai tujuan tertentu bagi orang lain yang bersedia membayar untuk itu. Ini berarti bahwa apa pun yang dilakukan adalah membantu orang lain dengan kebutuhan mereka sendiri dan untuk membantu mereka meningkatkan kualitas hidup mereka sendiri.

Itu bukan untuk mengatakan bahwa setiap pekerjaan memiliki tingkat kualitas yang sama dalam hal tujuan tetapi, pekerjaan Anda penting dan berkontribusi terhadap sesuatu. 

Jika Anda kesulitan menemukannya, pertimbangkan tujuan perusahaan tempat Anda bekerja. Tujuan memungkinkan orang merasa lebih termotivasi dan positif untuk pergi bekerja. Selalu ada tujuan mendasar dari apa yang Anda lakukan. Temukan dan bekerjalah dengan tujuan itu dalam pikiran.

4. Jadikan Sisa Hidup Lebih Menyenangkan

Meskipun mungkin tidak dapat mengubah situasi, Anda mengendalikan hidup dan sikap diri sendiri. Anda dapat membuat penyesuaian dalam kehidupan pribadi yang akan membantu membuat kehidupan kerja lebih tertahankan.

Pikirkan tentang apa yang Anda inginkan dari kehidupan dan apa yang dapat Anda lakukan untuk meningkatkan kualitas hidup saat ini. Adakah tujuan yang ingin Anda raih? Adakah hal-hal yang ingin dilakukan lebih dari yang belum Anda kejar belakangan ini? 

Lebih sering daripada tidak, kehidupan profesional kita dapat mengalihkan fokus kita dari kehidupan pribadi kita dan kita bisa kehilangan momentum tersebut. Mengubah cara menjalani hidup dapat meningkatkan pola pikir terhadap situasi kerja Anda saat ini.

 

3 dari 4 halaman

5. Pelajari Lebih Lanjut Tentang Apa yang Ingin Dilakukan

Jika Anda tidak menyukai pekerjaan, mungkin proaktif untuk mempelajari lebih lanjut tentang apa karir alternatif nantinya. Jika tidak mengerjakan pekerjaan ini, seperti apa pekerjaan yang baru dan yang lebih baik? 

Apa posisi Anda nantinya? Apa tanggung jawab yang akan dimiliki? Apa dampak yang akan Anda buat? Berapa banyak uang yang akan dihasilkan? Mengapa Anda menginginkan pekerjaan ini daripada yang sebelumnya dan bagaimana itu akan memperbaiki situasi saat ini?

Jangan hanya berfantasi tentang situasi Anda saat ini. Cari tahu apa yang ingin Anda lakukan sehingga dapat mengambil langkah pertama menuju kehidupan baru ketika ada kesempatan.

6. Buat Rencana yang Membantu Mencapai Tujuan Karir Baru

Jika memiliki jalur karier yang lebih baik dalam pikiran dan Anda hanya perlu keluar dari pekerjaan saat ini lalu masuk ke pekerjaan yang Anda inginkan. Selain itu, Anda harus membuat rencana yang dapat dibuat secara teratur - rencana yang akan berhasil dalam peran profesional baru itu.

7. Kendalikan Pekerjaan

Bagian dari membuat pekerjaan lebih sedikit adalah mempelajari seni penerimaan. Anda tidak dapat mengubah segala sesuatu tentang pekerjaan saat ini dalam semalam dan harus menerima bahwa Anda akan berada di posisi saat ini sampai dapat beralih ke posisi yang benar-benar diinginkan.

Namun, ini tidak berarti bahwa Anda tidak dapat membuat pekerjaan saat ini lebih mudah diterima. Kendalikan situasi dan kendalikan pekerjaan saat masih memiliki pekerjaan tersebut. Terorganisir, ambil pekerjaan dengan baik, dan membimbingnya menuju hari esok yang lebih baik. Bagaimanapun, ini adalah kenyataannya.

Reporter: Erna Sulistyowati

4 dari 4 halaman

Saksikan Video Ini