Sukses

Dukung Perlindungan Hak Cipta Seniman, Gojek Luncurkan Fitur Terbaru

Liputan6.com, Jakarta - Para seniman menyambut baik hadirnya fitur GoPlay Live dari Gojek yang tidak hanya menghadirkan konten hiburan yang menarik bagi masyarakat di masa pandemi ini namun fitur ini juga dapat menjadi wadah bagi para seniman lokal untuk terus berkreasi dan karyanya tetap dihargai.

Musisi Tohpati yang turut hadir dalam peluncuran fitur GoPlay Live secara daring baru-baru ini mengatakan jika dirinya sangat merekomendasikan penggunaan fitur GoPlay Live bagi para penikmat seni.

Bahkan dengan adanya GoPlay Live, Tohpati berharap kehadiran fitur ini dapat menjembatani antara seniman dan penikmat seni, karena banyak orang yang masih belum memahami apa itu live streaming dan bagaimana menjadi penikmat seni yang ditayangkan secara virtual.

“Sebelumnya sudah pernah live streaming tapi masih secara gratis. Saya senang karena GoPlay Live menerapkan tiket berbayar. Ini menjadi bentuk penghargaan tersendiri karena sebuah karya yang bagus itu harus dihargai. Jadi mendorong seniman untuk tetap berkreatif di wadah online,” terang dia dalam keterangan tertulis di Jakarta, Senin (27/9/2020).

Tohpati mengakui jika selama pandemi semua seniman telah kehilangan panggung dan event. Pertunjukkan online dilihat dia menjadi salah satu alternatif yang dipilih untuk tetap berkarya.

Oleh karenanya, Tohpati menyatakan dukungannya bagi pengembangan lebih lanjut fitur GoPlay Live. Apalagi penggunaan fitur dinilai dia juga berdampak positif bagi perlindungan hak cipta bagi karya para seniman.

“Ini fitur live streaming, jadi tidak bisa di screen capture. Karenanya, sebagai seniman, saya sangat senang GoPlay Live memperhatikan hak cipta karena hak cipta itu paling penting,” ujarnya.

Selain itu, fitur dari Gojek ini memungkinkan penikmat seni menonton hiburan musik sambil melakukan aktivitas lainnya dinilai dia menjadi hal yang paling membedakan GoPlay Live dari platform sejenis lainnya.

“Saya berharap banyak sama GoPlay Live, agar setelah pandemi sekalipun, [fitur ini] masih bisa menjadi alternatif untuk melakukan pertunjukkan seni secara live," tutupnya.

2 dari 3 halaman

Platform Video On-Demand

Gojek yang merupakan super app terdepan di Asia Tenggara meluncurkan fitur GoPlay Live pada platform GoPlay yang merupakan platform video on-demand Indonesia yang akan menayangkan secara langsung (live streaming ) berbagai program atau konten online interaktif berkualitas.

Kehadiran GoPlay Live akan memudahkan para pengguna dalam menggunakan beragam opsi untuk berinteraksi langsung dengan pembuat konten ini sehingga semakin melengkapi fitur-fitur yang terlebih dahulu sudah dapat dinikmati, seperti GoPlay Original dan GoPlay Eksklusif.

“Dengan pergeseran perilaku selama pandemi, menikmati konten online menjadi salah satu aktivitas hiburan yang sangat digemari. Kehadiran GoPlay Live di aplikasi GoPlay akan mengobati kerinduan para penggemar konten, termasuk event . Tentu saja banyak pengalaman tidak tergantikan, seperti kebersamaan dengan keluarga dan teman, interaksi di tengah keramaian pada saat menonton, demikian juga kepuasan melihat performer dari dekat. Sejumlah fitur dalam GoPlay Live dapat menjadi alternatif interaksi yang biasanya pengguna dapatkan pada waktu menyaksikan offline event," terang CEO GoPlay Edy Sulistyo , dalam peluncuran GoPlay Live secara daring.

Ke depannya, GoPlay akan menghadirkan lebih beragam online content interaktif yang bisa disaksikan secara langsung melalui GoPlay Live , seperti live talkshow, reality show, program kelas memasak, bahkan live quiz hingga pemilihan idol.

3 dari 3 halaman

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini: