Sukses

17 Pegawai Negatif Covid-19 Pasca Tes Swab, LAN Pastikan Tak Ada Klaster Baru

Lembaga Administrasi Negara (LAN) memastikan tak ada klaster baru Covid-19 menyusul hasil negatif Covid-19 tes swab kepada 17 pegawai LAN.

Liputan6.com, Jakarta - Lembaga Administrasi Negara (LAN) memastikan tak ada klaster baru Covid-19 di lingkungan kantornya. Hal ini menyusul hasil negatif Covid-19 tes swab kepada 17 pegawai LAN.

Kepala Biro Hukum dan Humas LAN Tri Atmojo Sejati mengatakan, awalnya, berdasarkan tes swab terhadap Pegawai LAN yang dilakukan pada Selasa (21/7/2020), 17 Pegawai LAN diinfokan positif Covid-19.

"Untuk memastikan hasil tersebut, terhadap ke-17 Pegawai dimaksud, LAN melakukan tes swab di RSPAD Gatot Soebroto Jakarta, sebagai salah satu RS rujukan nasional, yang hasilnya secara resmi tertulis dan telah kami terima hari ini, semua dinyatakan negatif Covid-19, termasuk Kepala LAN, Dr. Adi Suryanto, M.Si," kata dia dalam keterangan tertulis di Jakarta, Sabtu (25/7/2020).

Selain itu, lanjut Tri, dilakukan juga pengecekan sample darah lengkap melalui laboratorium klinik Prodia, semuanya menunjukan hasil secara umum baik. Kemudian dilengkapi juga dengan pemeriksaan imuno serologi anti SARS -CoV-2 metode ECLIA, dengan hasil 17 orang Pegawai LAN non reaktif.

Atas dasar tersebutm, LAN memastikan tidak ada klaster corona baru dan tidak ada lockdown di LAN. Selanjutnya, LAN tetap menerapkan secara ketat protokol Covid-19 di seluruh kantor LAN.

"Semua Pegawai LAN diminta tetap tenang dan menjaga kewaspadaan. Laksanakan disiplin ketat protokol kesehatan, hindari aktifitas di kerumunan, makan makanan sehat, serta berolah raga secara rutin. Penerapan sistem piket, pembagian kerja berdasarkan shift , Work from Office (WFO) dan Work from Home (WFH), tetap berjalan," tutup Tri.

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Tes Covid-19 di RSPAD, Kepala LAN Adi Suryanto Dinyatakan Negatif

Kepala Biro Hukum dan Humas Lembaga Administrasi Negara (LAN) Tri Atmojo Sejati memastikan, Kepala LAN Adi Suryanto negatif Covid-19. Hal ini didapatkan usai menjalani tes PCR di RSPAD Gatot Soebroto Jakarta, Rabu 22 Juli 2020.

"Alhamdulillah, setelah dilakukan tesPCR di RSPAD Gatot Soebroto, Jakarta pada Rabu, Kepala Lembaga Administrasi Negara (LAN) Adi Suryanto dinyatakan negatif covid-19," kata Tri, Kamis (23/7/2020).

Sebelumnya, satu pegawai Lembaga Administrasi Negara (LAN), meninggal dunia akibat virus Corona atau Covid-19. Analis Kebijakan Muda sekaligus Koordinator Humas dan Protokol itu meninggal pada Senin 13 Juli 2020 sekitar pukul 13.20 WIB.

Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (PAN-RB) Tjahjo Kumolo pun mengatakan, tidak ada klaster baru penyebaran Covid-19 di LAN akibat kematian pegawai tersebut.

"LAN tidak ada klaster baru. Setelah dilakukan rapid test dan swab. Namun untuk antisipasi kantor LAN Veteran, pegawainya WFH," kata Tjahjo, Rabu (15/7/2020).

Menurut dia, di tengah pandemi Covid-19, kantor LAN lain beroperasi seperti biasa. Namun, tetap menerapkan protokol kesehatan dengan ketat. 

3 dari 3 halaman

Pakai Sistem Shift

"Selama ini LAN sudah pakai sistem shift dan 50 persen yang masuk. Sementara yang punya sakit menahun juga diminta untuk WFH," kata Tjahjo.

Dia menjelaskan, selama pandemi Covid-19 ini, ada pengaturan untuk ASN baik di lingkungan kementerian, lembaga, maupun Pemda.

"Yang penting ASN jaga disiplin protokol kesehatan dan turun di lingkungan masyarakat, memberi penyuluhan mengingatkan pentingnya disiplin protokol kesehatan," pungkas Tjahjo.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.