Sukses

4 Langkah Atur Keuangan Sebelum Bercerai

Liputan6.com, Jakarta - Jika pernikahan Anda akan segera berakhir, atau tampaknya, akan berakhir. Anda sebaiknya mengambil sejumlah langkah keuangan sebelum perceraian, untuk memastikan Anda keluar dari masalah tersebut berikut langkah-langkah finansial yang bisa Anda dilakukan, sebelum bercerai atau menceraikan, dilansir dari laman Money.usnews.com, Kamis (16/7/2020).

1. Terorganisir

Artinya, jika Anda yang berpikir tentang perceraian, atau Anda tahu atau curiga pasangan Anda akan mengemukakan topik tersebut, ini akan menjadi saat yang tepat untuk mulai memikirkan portofolio keuangan Anda.

Buat daftar semua akun Anda dan akun pasangan Anda, sejauh yang Anda ketahui. Kadang-kadang satu pihak tidak tahu tentang keuangan.

Jika orang itu adalah Anda, lakukan penyelidikan di rumah untuk mengetahui apa yang dapat Anda temukan. Salin pengembalian pajak lama dan laporan akun apa pun yang dapat Anda temukan.

Kemudian jika Anda berencana bercerai, cari tahu dana mana yang akan dapat Anda akses begitu Anda mengumumkan niat Anda. Sedapat mungkin, pastikan Anda memiliki cukup uang untuk bertahan ketika Anda mencari strategi dengan pengacara.

2. Pikirkan tentang Jaminan Sosial

Anda dapat menerima tunjangan Jaminan Sosial pada catatan Jaminan Sosial mantan pasangan, jika Anda sudah menikah setidaknya 10 tahun.

Jika pernikahan belum berlangsung 10 tahun tetapi mendekati peringatan 10 tahun, pertimbangkan apakah menunggu hingga Anda menikah setidaknya 10 tahun untuk perceraian diselesaikan.

Perlu dicatat bahwa dengan melakukan itu, Anda tidak melukai kemampuan mantan Anda untuk mengumpulkan Jaminan Sosial.

 

** Saksikan "Berani Berubah" di Liputan6 Pagi SCTV setiap Senin pukul 05.30 WIB, mulai 10 Agustus 2020

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

2 dari 2 halaman

3. Pikirkan Komitmen Keuangan yang Telah Direncanakan Berdua

Untuk tidak melakukan sesuatu yang besar saat ini, jika sesuatu yang besar akan membutuhkan kedua penghasilan Anda, seperti membeli rumah. Maka ajukan kartu kredit atas nama Anda sendiri.

Dengan pemasukan yang lebih sedikit dan semua kekacauan keuangan yang mungkin segera terjadi, mungkin lebih sulit bagi salah satu pihak untuk mendapatkannya setelah perceraian.

4. Pikirkan Berapa Biaya Perceraian

Dengan kata lain, dapatkah Anda melakukan perceraian yang tidak terbantahkan atau kolaboratif dan meminimalkan penggunaan pengacara?

Bahkan dalam perceraian damai, prosesnya pasti akan lebih mahal daripada yang Anda perkirakan.

Akan selalu ada faktor di luar kendali Anda, misalnya keterlambatan dalam proses pengadilan, atau pasangan yang melibatkan pengacara yang lebih beragama daripada yang Anda harapkan.

Maka Anda perlu bersiap, serta perlu diingat, pengadilan adalah alat, bukan senjata. Pengadilan dapat membantu Anda mendapatkan resolusi tentang masalah, tetapi berjuang demi perceraian itu mahal.

* BACA BERITA TERKINI LAINNYA DI GOOGLE NEWS