Sukses

Viral Masker Istri KSAD Seharga Rp 20 Juta, Apa Kelebihannya?

Liputan6.com, Jakarta - Beberapa waktu belakangan, netizen di media sosial dihebohkan dengan penampilan masker milik Istri Kepala Staf Angkatan Darat (KSAD) Jenderal TNI Andika Perkasa, Diah Erwiany Trisnamurti Hendrati Hendropriyono.

Dalam beberapa gambar yang diunggah akun Instagram @tni_angkatan_darat, Diah terlihat menggunakan masker transparan yang tebal dan berbeda bahkan dari masker medis biasanya saat mengunjungi taruna dan taruna Akademi Militer kala itu.

Setelah melalui beragam penelusuran, rupanya masker tersebut merupakan masker respirator buatan perusahaan CleanSpace Technology. Tak tanggung-tanggung, masker ini ditaksir memiliki harga hingga Rp 20 juta lebih.

Memangnya, sebagus apa masker tersebut sampai dihargai sedemikian mahal?

Ternyata, masker bernama lengkap CleanSpace Halo ini dibanderol mahal karena dibuat dengan teknologi khusus, perlindungan ekstra dan kinerja filterasi yang tinggi. Hal itu diungkapkan oleh CEO CleanSpace Dr Alex Birrell.

"CleanSpace memiliki algoritma yang bisa menyaring udara segar dengan pengaturan tertentu. AirSensit System kami bekerja dengan menyesuaikan alur udara di kondisi apapun sehingga nyaman digunakan meskipun dalam waktu yang lama," ujar Alex dalam keterangan di situs webnya, Kamis (9/7/2020).

2 dari 4 halaman

Tersertifikasi

Masker CleanSpace Halo sendiri tercatat sudah tersertifikasi EN12942 dan IP66. Udara yang masuk ke dalam masker akan melalui proses filtrasi 230 L per menit dengan tingkat penyaringan udaranya diklaim mencapai 99,97 persen untuk partikel 0,3 mikro termasuk bio hazard. Masker ini juga bisa dipakai ulang dengan catatan harus diisi daya setelah 9 jam pemakaian.

Karena spesifikasinya tinggi, respirator ini ditujukan bagi pekerja-pekerja berat yang sering berada di area dengan kualitas udara yang buruk, seperti pekerja konstruksi dan pekerja di sektor pertambangan. Pun, masker ini cocok digunakan untuk tenaga medis agar tidak mudah tertular virus kala menangani pasien yang sakit.

 

3 dari 4 halaman

Harga

Untuk memastikan harganya, Liputan6.com mencoba menelusuri beberapa situs penjualan APD. Misalnya, di Premierwelding.com, harganya mencapai £729 atau Rp 13,2 juta (asumsi kurs per euro 18.133).

Di Fisher Scientific, masker fullsetnya dihargai sampai dengan SGD 2.133 atau Rp 22 juta (asumsi kurs per SGD Rp 10.425).

Sedangkan sistem respiratornya sendiri di Fisher Scientific dijual seharga USD 906 atau Rp 13,4 juta (asumsi kurs per USD Rp 14.504) belum dengan maskernya.

4 dari 4 halaman

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini: