Sukses

Ingin Berhemat Uang, Begini 6 Trik Mudahnya

Liputan6.com, Jakarta Anda pasti pernah mendengar dan membaca kisah tentang bagaimana orang menghemat uang dan menjadi sukses secara finansial.

Mereka bisa sampai di sana dengan berbagai cara, seperti membuat bentuk investasi lain. Tetapi mereka tidak sampai di sana tanpa melakukan hal-hal kecil juga.

Tahukah bahwa Anda bisa melakukan hal yang sama dengan mereka melalui beberapa kebiasaan yang mungkin tidak biasa.

Berikut adalah beberapa hal-hal kecil dan sederhana yang bisa Anda lakukan untuk menghemat uang, dilansir dari laman Freemalaysiatoday.com, Selasa (7/7/2020).

1. Lebih jarang ke ATM = lebih banyak uang

Jangan sering melakukan penarikan dari ATM, usahakan kurangi kunjungan ke ATM. Ini lebih mudah dikatakan daripada dilakukan. Tetapi satu cara Anda dapat mengekang pengeluaran berlebihan adalah dengan menarik dari ATM hanya apa yang Anda butuhkan untuk minggu itu, dan tidak lebih.

Lebih sedikit uang di tangan Anda berarti lebih banyak uang di bank. Tetapkan pengeluaran berdasarkan rata-rata pengeluaran mingguan. Jangan pergi ke ATM kecuali jika keadaannya darurat. Anda akan merasa lebih mudah seiring berjalannya waktu dan akhirnya menghabiskan lebih sedikit per minggu.

2. Hitung uang sekecil apapun

Setiap rupiah berharga. Jangan menjadi pelopor dengan meminta kasir untuk menyimpan kembaliannya. Pastikan untuk mendapatkan kembali setiap rupiah, dan sisihkan sebagai bagian dari anggaran masa depan Anda.

Benci menyimpan koin? Simpan kantong untuk menyimpan koin dan mengubahnya nanti menjadi uang kertas. Atau, Anda bisa menyisihkan uang kembalian ke dalam celengan untuk uang receh. Anda bisa mulai dengan mengumpulkan saldo makan siang Anda.

 

2 dari 3 halaman

Tips Lain

3. Eksperimen dengan anggaran 

Menemukan metode penghematan uang terbaik selalu merupakan proses coba-coba. Eksperimen dengan arus kas dan putuskan apakah Anda dapat mengambil lebih banyak komitmen finansial.

Jika Anda memiliki pengeluaran rutin, maka harus segera menyisihkan uang tersebut dengan segera. Terapkan teknik ini ke semua jenis komitmen atau skema tabungan yang ingin Anda ambil dan secara akurat menentukan keputusan yang akan diambil.

 4. Simpan dalam jumlah tertentu

Sedikit berjalan jauh. Menyimpan uang tetap memungkinkan Anda untuk mengakumulasikan tabungan dengan lebih cepat.

Sisihkan sejumlah tagihan. Anda dapat mulai dengan menyimpan setiap rupiah dengan jumlah tertentu, atau juga dapat mencoba jumlah yang lebih besar.

Misalnya, setiap catatan menabung tulis peningkatan yang Anda akan ditabung, sebagai perubahan dapat dimasukkan ke dalam tabungan. Pada akhir bulan, Anda akan menemukan jumlah yang cukup di sana.

 5. Tantangan uang 52 minggu

Ada trik untuk menabung yang biasanya bekerja sambil mengajarkan Anda manfaat bunga majemuk. Anda mulai pada minggu pertama tahun ini dengan menghemat dengan nominal yang bertambah setiap minggunya.

Berturut-turut, Anda menambah jumlahnya setiap minggu, untuk minggu kedua dan seterusnya. Pada minggu terakhir tahun ini, Anda akan menyisihkan uang lebih banyak diluar ekspektasi.

Tentu saja, Anda tidak perlu membatasi diri. Jika Anda mampu dan menghemat jumlah yang lebih besar. Anda dapat menggabungkan metode ini dengan metode penghematan tetap di atas dan mendapatkan nilai lebih setiap minggu.

6. Gunakan aplikasi

Saat ini, cara termudah untuk melacak penghematan dan pengeluaran Anda adalah dengan menggunakan aplikasi smartphone.

Aplikasi pelacakan keuangan ponsel pintar memungkinkan Anda untuk memantau semua pembayaran, dan komitmen keuangan serta memberi saran terbaik mengikuti kebiasaan keuangan Anda.

Langkah-langkah ini tidak akan mengubah kesejahteraan finansial dalam semalam, tetapi ini membantu mengarahkan Anda ke arah yang benar dalam mengamankan posisi keuangan yang lebih baik dalam hidup. Cobalah!

3 dari 3 halaman

Saksikan video di bawah ini: