Sukses

KA Bandara Soetta Beroperasi Lagi Hari Ini, Harga Tiket Mulai Rp 10 Ribu

Liputan6.com, Jakarta - Kereta Api Bandara Internasional Soekarno-Hatta atau KA Bandara Soetta yang dikelola oleh PT Railink beroperasi kembali beroperasi mulai hari ini, 1 Juli 2020. Tentunya, dalam pengoperasiannya, Railink akan menerapkan protokol kesehatan pencegahan Covid-19,  bagi petugas dan penumpang.

Dikutip dari pernyataan Plt Direktur Utama PT Railink, Mukti Jauhari, Senin (29/6/2020), ia mengatakan memang kereta Api Bandara Soekarno- hatta kembali melayani penumpang mulai 1 Juli 2020, PT Railink telah menyusun langkah- langkah adaptasi Kebiasaan baru yang harus dipatuhi oleh penumpang saat berada di area Stasiun, dan saat di dalam perjalanan Kereta Api Bandara.

Berikut hal-hal yang harus Anda ketahui sebelum menggunakan KA Bandara Soetta, dirangkum oleh Liputan6.com, Rabu (1/7/2020).

Pertama, Mukti menjelaskan ketentuan bagi calon penumpang, pendamping, atau pengunjung kereta api bandara, wajib menggunakan masker saat berada di area stasiun maupun di dalam perjalanan Kereta Api Bandara.

Kedua, wajib menjaga jarak minimal satu meter, atau mengikuti tanda/marka yang tersedia dengan penumpang lainnya atau petugas.

Ketiga, sementara bagi penumpang dengan suhu tubuh lebih dari 37,3 derajat celcius tidak diperkenankan naik kereta api Bandara.

Keempat, kata Mukti untuk menghindari kontak fisik, disarankan membeli tiket [KA Bandara Soetta](KA Bandara Soetta "") secara online melalui website, aplikasi Railink, maupun mitra Railink.

"Menerapkan pola hidup bersih dan sehat, rutin cuci tangan, tidak meludah, buang sampah pada tempatnya, dan hindari menyentuh wajah," ucapnya.

2 dari 6 halaman

62 Perjalanan per Hari

Sementara bagi calon penumpang atau penumpang bisa melapor ke petugas jika merasa dan tidak sehat, atau memiliki gejala mirip Covid-19 maka dianjurkan segera menghubungi nomor layanan Covid19 di 112, 081-112-112-112 dan 081-388-376-955 ( Dinas Kesehatan Provinsi DKI Jakarta).

Kemudian, Humas PT Railink, Diah Suryandari menambahkan bahwa beroperasinya kembali KA Bandara Soekarno-Hatta itu hanya ada 62 perjalanan dalam satu hari saja, belum normal seperti biasanya.

Demikian sebelumnya memang dampak dari Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB) khususnya untuk DKI Jakarta. KA Bandara Soekarno-Hatta sempat ditutup sementara pada 12 April sampai dengan 31 Mei 2020, dan resmi beroperasi kembali pada 1 Juli 2020.

“PT Railink akan berhenti beroperasi sementara (KA Bandara) mulai tanggal 12 April sampai dengan 31 Mei 2020 dan akan terus dievaluasi. Hal ini sebagai antisipasi penyebaran Covid- 19 dan mendukung penerapan Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB) di DKI Jakarta,” pungkas Mukti Jauhari selaku Plt Direktur Utama PT Railink kepada wartawan, Kamis (9/4/2020).   

3 dari 6 halaman

Harga Tiket

Sebelumya, PT Railink akan mengoperasikan kembali KA Bandara Internasional Soekarno-Hatta (Soetta) mulai 1 Juli 2020. Tentunya, operasional ini diterapkan dengan protokol kesehatan yang ketat.

Mengutip laman Instagram resmi Railink, @kabandararailink, Rabu (24/6/2020), harga tiket KA Bandara Soetta ini dijual mulai dari Rp 10 ribu. Calon penumpang bisa memesannya lewat channel online dan go-show via vending machine.

"Tiket mulai dari Rp 10 ribu. Pemesanan tiket bisa melalui channel online dan go show (vending machine)," ujar admin @kabandararailink dalam kolom komentar, menjawab pertanyaan salah satu netizen.

Sementara untuk jadwal keberangkatan dan kedatangan KA Bandara masih dievaluasi dan akan diupdate melalui media sosial Railink. Adapun untuk KA Bandara Kualanamu di Medan operasionalnya belum dijalankan kembali, menunggu evaluasi pihak terkait.

4 dari 6 halaman

Efek Corona, KA Bandara Berhenti Operasi Mulai 12 April

PT Railink menyatakan akan menghentikan semua perjalanan KA Bandara, baik KA Bandara Soekarno-Hatta maupun KA Bandara Kualanamu Medan.

Pengentian operasi ini merupakan dampak dari penyebaran virus corona (Covid-19) yang terus meningkat yang menyebabkan jumlah penumpang turun drastis.

Tidak hanya itu, hal ini juga bagian dari upaya Railink dalam menjalankan status Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB) khususnya untuk DKI Jakarta.

“PT Railink akan berhenti beroperasi sementara (KA Bandara) mulai tanggal 12 April sampai dengan 31 Mei 2020 dan akan terus dievaluasi. Hal ini sebagai antisipasi penyebaran Covid- 19 dan mendukung penerapan Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB) di DKI Jakarta,” ungkap Mukti Jauhari selaku Plt Direktur Utama PT Railink kepada wartawan, Kamis (9/4/2020).

5 dari 6 halaman

Pengembalian Tiket

Bagi penumpang yang telah memiliki tiket, dapat melakukan pengembalian tiket 100% (seratus persen) di luar bea pemesanan, dengan menyertakan bukti tiket dan bukti transaksi ke email info@railink.co.id.

“PT Railink akan terus memantau perkembangan situasi dan akan melakukan langkah antisipasi yang diperlukan untuk memulai kembali layanan KA Bandara nantinya saat situasi mulai membaik," tutup Mukti.  

6 dari 6 halaman

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini: