Sukses

Dukung Bisnis Logistik, AP I Gandeng Pelita Air Luncurkan Pesawat Kargo

Angkasa Pura Logistik (APL) bekerjasama dengan Pelita Air Service meluncurkan pesawat khusus kargo.

Liputan6.com, Jakarta - PT Angkasa Pura I melalui anak usahanya, Angkasa Pura Logistik (APL) bekerjasama dengan Pelita Air Service meluncurkan pesawat khusus kargo (freighter) tipe ATR 72-500F.

Direktur Utama P I Faik Fahmi menyatakan, langkah ini dapat mendorong kinerja bisnis logistik perusahaan yang selama ini mengangkut logistik berdasarkan penerbangan penumpang.

"Kargo udara sangat tergantung dengan penerbangan penumpang reguler, kalau cancelled akan sulit kirim kargo," ujar Faik Fahmi dalam konferensi pers, Kamis (4/6/2020).

Lebih lanjut, langkah ini juga merupakan survival dan rebound strategy yang dijalankan AP I melalui APL. Sebagaimana diketahui, bisnis aviasi memang terpukul sangat keras imbas pandemi Corona ini.

Tak ketinggalan, Direktur Utama APL Dhanny P Thaharsyah menyatakan, penandatanganan pengoperasian pesawat ATR 72-500F telah dilakukan di Bandara Halim. Untuk pesawat kedua diharapkan bisa beroperasi Juli mendatang.

"Dengan kedua armada ini, diharapkan konektivitas menjdi lebih baik, apalagi saat ini kargo banyak yang tidak terjangkau. Kami pilih pesawat ini karena bisa melintas di runway 1.500 m (kecil)," ujar Dhanny.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Pengalaman

Di saat yang sama Plt Direktur Utama PT Pelita Air Service Muhammad Riyadi menyatakan, pihaknya memiliki pengalaman mengangkut kargo berupa barang berbahaya (dangerous goods), meskipun selama ini menjalankan bisnis angkutan penumpang khusus PT Pertamina, PT Medco dan PT Badak.

"Kami punya pengalaman mengangkut kargo dangerous goods di Medan dan Papua dengan pesawat bermesin tunggal," ujarnya.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini