Sukses

Cara Atur Uang Berdasarkan Umur

Pelajari keterampilan dan kewirausahaan untuk mendapatkan pengalaman hidup dan penghasilan tambahan.

Liputan6.com, Jakarta - Manusia adalah individu yang unik dengan latar belakang yang berbeda. Namun semua manusia memiliki kesamaan yaitu harus mengatur keuangan agar bisa bertahan hidup.

Meskipun memiliki tahapan dan tantangan yang berbeda-beda, seluruh manusia harus tetap mengelola keuangannya. Setiap manusia juga memiliki prioritas yang berbeda sehingga cara mengelola keuangannya berbeda-beda juga.

Nah, berikut ini panduan cara mengelola keuangan sesuai dengan perjalanan atau tahapan kehidupan, dilansir dari laman Freemalaysiatoday.com, Rabu (27/5/2020):

Remaja (di bawah 20 tahun)

Remaja harus mulai belajar pengetahuan keuangan dan tanggung jawab diri. Remaja adalah waktu yang tepat untuk belajar mengelola anggaran mereka sendiri.

Dasar-dasar keuangan pribadi yang dapat diambil remaja adalah membuat anggaran sederhana dan kelola pengeluaran harian, simpan secara teratur ke tabungan.

Kemudian tetapkan tujuan untuk membeli keinginan dan menentukan target keinginan tersebut dengan kemampuan menabung. 

Dalam tahap ini orang tua dapat mencocokkan tabungan anak sesuai dengan keinginan untuk membantu.

Pelajari keterampilan dan kewirausahaan untuk mendapatkan pengalaman hidup dan penghasilan tambahan, dan memahami perlindungan asuransi medis untuk mengurangi beban biaya pengobatan pada orang tua.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Dewasa muda (20-an)

Seorang dewasa muda adalah orang yang mandiri. Mereka harus mengambil tanggung jawab termasuk mengelola keuangan mereka sendiri. Penting bagi seorang dewasa muda untuk mempraktikkan kebiasaan finansial yang baik.

Bidang-bidang utama yang harus dimiliki seorang dewasa muda untuk menguasai keuangan pribadi adalah melakukan tinjauan keuangan pribadi enam bulan secara teratur untuk mendapatkan, menganggarkan, menyimpan, berinvestasi, dan menghabiskan sumber daya moneter.

Selain itu juga harus mempertimbangkan berbagai risiko keuangan dan peristiwa kehidupan masa depan untuk mencapai kebebasan finansial. Pastikan arus kas bulanan positif dan memiliki uang tunai. Selain itu pastikan tetap menabung teratur dan tidak ada utang yang tinggi.

kemudian simpan tabungan minimal tiga bulan untuk dana darurat. Jangan lupa untuk mencoba mencari cara agar dapat memperoleh pendapatan pasif.

Jika semua itu berjalan maka Anda mendapat kebebasan finansial, tujuan investasi, dan menyusun rencana investasi pribadi Anda untuk mencapai tujuan finansial Anda.

 

3 dari 4 halaman

Dewasa (30 hingga 40-an)

Di kemudian hari Anda akan memiki anak, dan memastikan mereka dapat mencukupi kebutuhan anak-anak dalam masyarakat modern saat ini.

Anak-anak adalah prioritas tinggi bagi sebagian besar orang tua sambil memenuhi kebutuhan untuk kehidupan yang nyaman. Sedangkan untuk lajang atau orang tua tanpa anak, tahun-tahun akumulasi sama pentingnya dan mungkin termasuk peristiwa kehidupan penting lainnya seperti perubahan karier.

Berikut adalah area fokus utama untuk pengembangan kekayaan serius, dan perencanaan keuangan pribadi sebagai orang dewasa, yakni lacak pertumbuhan kekayaan bersih Anda dari tahun ke tahun dengan sasaran pertumbuhan yang sehat sebesar + 20 persen kekayaan bersih per tahun melalui tabungan dan investasi.

Gaya hidup, keluarga dan pengeluaran lainnya akan terus meningkat. Anda akan ingin memastikan arus kas Anda tetap positif dan menyisihkan uang setiap bulan untuk berinvestasi dan membangun kekayaan Anda.

Selanjutnya, diversifikasi portofolio investasi Anda sehingga Anda tidak terkena dampak parah jika investasi tertentu tidak berkinerja. Hitung berapa banyak tabungan yang akan Anda miliki dan berapa dana pensiun, dan berapa banyak yang perlu Anda investasikan dan capai untuk mendanai pensiun Anda.

Pastikan Anda memiliki pengeluaran enam bulan sebagai tabungan darurat cair untuk mengatasi kejadian tak terduga. Lalu penting juga merencanakan ke depan untuk pendidikan anak-anak Anda dan biaya yang diharapkan sambil memperhitungkan inflasi.

 

4 dari 4 halaman

Pensiunan (60-an ke atas)

Anda ingin menyusun rencana pensiun Anda, dengan penarikan bulanan / tahunan dijadwalkan. Maka Anda perlu mengelola aset keuangan Anda dan melacak dana pensiun untuk memastikan Anda berada di jalur yang benar.

Periksa hal-hal berikut dan buat perubahan yang diperlukan, yakni lacak dana pensiun Anda dan tinjau penarikan Anda setidaknya setiap tahun.

Jalani gaya hidup yang sesuai dengan rencana pensiun Anda. Hindari godaan untuk mengeluarkan uang terlalu banyak dan meledakkan dana pensiun Anda. Selain itu, Anda perlu memastikan bahwa dana Anda cukup untuk dua hingga tiga dekade mendatang.

Kemudian, tingkatkan dana cair Anda menjadi pengeluaran senilai tiga tahun untuk memastikan Anda memiliki cukup uang tunai bahkan jika kondisi pasar memengaruhi portofolio investasi Anda.

Lalu, tinjau kebutuhan perencanaan risiko Anda dan fokuslah pada perawatan kesehatan dan perencanaan warisan. Berkomunikasi dengan anak-anak Anda atau pengasuh anak pada keinginan Anda untuk arahan layanan kesehatan, keuangan dan pemakaman. Maka manfaatkan sepenuhnya waktu Anda setelah pensiun untuk tetap aktif.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini