Sukses

Kementerian Koperasi UKM Apresiasi Pihak yang Bantu Pengembangan KUMKM

Menteri Koperasi UKM Teten Masduki sangat terbuka dan memberi apresiasi terhadap siapa saja yang mau membantu pengembangan KUMKM.

Liputan6.com, Jakarta Kementerian Koperasi dan Usaha Kecil dan Menengah memberikan apresiasi yang sebesar-besarnya bagi berbagai pihak yang turut serta berperan membantu pengembangan Koperasi, Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah (KUMKM) di Indonesia.

“Menteri Koperasi UKM Teten Masduki sangat terbuka dan memberi apresiasi terhadap siapa saja yang mau membantu pengembangan KUMKM, seperti yang sudah banyak dilakukan berbagai pihak, mulai pelaku usaha, koperasi, asosiasi pendamping, universitas, kalangan akademisi, institusi pembiayaan, platform e-commerce, payment gateway, inkubator, agregator, komunitas usaha, dan masih banyak lagi," kata Staf Khusus Menteri Koperasi UKM Fiki Satari di Jakarta, Sabtu (18/4/2020).

Dia mengaku banyak pihak yang memang menyampaikan gagasan dan berdiskusi tentang UMKM di Tanah Air. Hampir setiap hari ada yang datang ke kantor untuk menyampaikan gagasan, berdiskusi, serta bertukar pikiran dalam pengembangan KUMKM di Indonesia”, imbuh Fiki.

Dia menegaskan jika dengan jumlah usaha lebih dari 64 juta, pemerintah harus bersinergi dengan semua pihak.

Kementerian yang dipimpin oleh menteri yang berlatar belakang aktivis anti-korupsi nasional, yang tetap berteguh memegang komitmen untuk menegakkan transparansi ini, terbuka untuk menerima masukan dari segala pihak.

“Namun, apapun yang dilakukan oleh pihak lain itu, sama sekali tidak dalam bingkai kerja sama formal, MoU, maupun kontrak kerja dengan KemenKopUKM,” tegas Fiki.

Salah satu contohnya seperti yang dilakukan oleh PT Harapan Bangsa Kita (HEBAT) milik Kaesang Pangarep (putra Presiden RI) untuk mendorong UMKM nasional naik kelas, yang bersilaturahmi ke kantor KemenKopUKM beberapa waktu lalu.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Program

Dalam kesempatan tersebut, HEBAT yang diwakili Ansari Kadir selaku Chief Marketing Officer hadir untuk berbagi ide dan pengalaman dalam penyelenggaraan kompetisi untuk menjaring UMKM di sektor kuliner, yang berpotensi tumbuh besar di masa mendatang.

HEBAT, yang melaksanakan seluruh programnya secara mandiri dengan mitra di sektor swasta, tanpa ikatan kerja sama formal dengan KemenKopUKM, juga sudah melakukan pendampingan bagi pelaku usaha kuliner pemula di berbagai wilayah di Indonesia untuk meningkatkan omset serta mengembangkan bisnis.

HEBAT juga telah melakukan coaching clinic bagi para pelaku UMKM, yang dapat dijadikan bekal untuk memecahkan beragam permasalahan bisnis.

Pertemuan dengan HEBAT berlangsung seperti halnya pertemuan lain dengan seluruh pihak yang kerap datang ke Kantor KemenKopUKM untuk mendiskusikan pengembangan koperasi dan UKM.]

“Terutama dalam kondisi pandemi COVID-19 yang penuh tantangan ini, kami berharap semakin banyak pihak swasta ataupun investor yang tertarik bergabung dengan program peningkatan dan pemberdayaan KUMKM nasional. Mohon dukungannya,” pungkas Fiki.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

  • Koperasi adalah sebuah organisasi ekonomi yang dimiliki dan dioperasikan oleh orang-seorang demi kepentingan bersama.

    koperasi

  • Usaha mikro kecil menengah atau (UMKM) adalah istilah umum dalam khazanah ekonomi.

    UMKM