Sukses

Pengusaha Minta Wagub DKI Ahmad Riza Patria Gerak Cepat Tangani Corona

Liputan6.com, Jakarta - Wakil Gubenur Provinsi DKI Jakarta Ahmad Riza Patria telah dilantik oleh Presiden Joko Widodo. Pelaku usaha pun menyambut baik pelantikan tersebut. Pengusaha pun meminta kepada Ahmad Riza untuk segera bekerja keras menanggulangi pandemi Corona Covid-19.

Wakil Ketua Dewan Pertimbangan Kadin DKI Jakarta, Sarman Simanjorang, mengatakan bahwa kehadiran Wagub yang baru bisa menjadi penyemangat bagi warga Jakarta dalam membantu Gubernur Anies Baswedan dalam mengatasi masalah pandemik virus Corona di DKI Jakarta.

"Kita pelaku usaha menaruh harapan besar kepada wagub untuk dapat bekerjasama secara maksimal dengan Pak Gubernur, menyelesaikan berbagai persoalan Jakarta yang dimulai dari Covid-19, masalah banjir, kemacetan termasuk tantangan perekonomian paska covid-19 yang penuh tantangan," kata Sarman, Rabu (15/4/2020).

Pandemi Corona ini membuat perekonomian DKI Jakarta lumpuh total. Sebagai kota jasa, aktivitas masyarakat merupakan modal utama dalam mengerakkan berbagai sektor usaha di DKI Jakarta.

Adanya himbauan work from home dan kebijakan Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB) membuat pergerakan masyarakat kian sempit, dan kondisi ini sangat mematikan berbagai bidang usaha di DKI Jakarta.

Mulai dari sektor usaha pariwisata dan turunannya seperti hotel, restoran, cafe, catering, travel, pusat hiburan dan transportasi. Kemudian dari sektor perdagangan secara luas, kuliner, dan aneka jasa usaha yang sangat terpuruk dan nyaris tutup karena sepinya konsumen dan pelanggan.

"Hal ini akan sangat berdampak terhadap pertumbuhan ekonomi Jakarta yang akan turun secara drastis. Dengan kondisi ini tentu akan menimbulkan masalah baru seperti meningkatnya angka pengangguran dan kemiskinan, tutupnya berbagai pelaku UMKM dan turunnya PAD DKI Jakarta," ujarnya.

 

**Ayo berdonasi untuk perlengkapan medis tenaga kesehatan melawan Virus Corona COVID-19 dengan klik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Optimisme

Sarman menegaskan, suka tidak suka ini menjadi tantangan besar yang dihadapi Wagub baru memulai tugasnya. Namun, dirinya sebagai pelaku usaha memiliki optimisme yang tinggi, dengan berbagai pengalaman yang dimiliki Wagub DKI yang baru, tantangan besar ini akan mampu dihadapi dengan kolaborasi dan kerjasama yang utuh bersama Gubenur DKI Jakarta.

"Apalagi pak Riza Patria memiliki kesamaan dengan mantan Wagub DKI Jakarta Sandiaga S Uno, disamping beliau sebagai aktivis kepemudaan tapi juga punya latar belakang pengusaha, pernah aktif di HIPMI dan pengurus Kadin Indonesia," ungkapnya.

Dia menilai, bahwa Riza Patria akan dapat membantu secara penuh Gubernur Anies Baswedan dalam mengatasi berbagai permasalah perekonomian di DKI Jakarta.

Kendati begitu, tugas paling utama dan terutama saat ini, menurutnya adalah menangani covid-19, yang telah menghentikan berbagai aktivitas usaha di DKI Jakarta. Sehingga perekonomian DKI Jakarta dapat bergeliat dan normal kembali.

"Duet kepemimpinan pak Anis dan Riza dapat mewujudkan Jakarta yang maju kotanya, bahagia warganya dan untung pengusahanya," tutupnya.