Sukses

Tangani Pandemi Covid-19, Pelindo III Koordinir Bantuan BUMN dan Swasta Senilai Rp 27 Miliar

Pelindo III bersama BUMN lain dan swasta mendonasikan lebih dari Rp 27 miliar dalam rangka penanganan Covid-19 di Indonesia dalam bentuk berbagai program dan aktivitas.

Liputan6.com, Jakarta PT Pelabuhan Indonesia III (Persero) atau Pelindo III terus berkomitmen dalam upaya memerangi penyebaran Covid-19 di Indonesia. BUMN di bidang jasa kepelabuhanan tersebut bersama BUMN lain dan swasta mendonasikan lebih dari Rp 27 miliar dalam rangka penanganan Covid-19 di Indonesia dalam bentuk berbagai program dan aktivitas.

Dana sebesar tersebut telah direalisasikan dalam berbagai wujud, di antaranya pengadaan Alat Pelindung Diri (APD) untuk tenaga medis, pembangunan ruangan rehabilitasi ruangan isolasi di rumah sakit rujukan, pembentukan satgas Covid-19 di Provinsi Bali, pengadaan alat rapid test, bantuan sarana cuci tangan di tempat umum, masker, hingga cairan sanitasi tangan.

Direktur Utama Pelindo III, Doso Agung menuturkan, Pelindo III, BUMN dan swasta berkomitmen penuh membantu Pemerintah dalam hal penanganan Covid-19. Ia menegaskan, kekuatan gotong royong dari korporasi maupun masyarakat berkontribusi besar dalam memutus penyebaran Covid-19 di Indonesia dan Pelindo III juga siap jika nantinya terminal penumpang kapal laut di wilayah timur Indonesia harus diubah menjadi Rumah Sakit khusus untuk menangani pasien virus corona.

“Kami sadar jika kondisi penyebaran Covid-19 di Indonesia sudah cukup mengkhawatirkan. Kami terpanggil untuk memberikan kontribusi nyata bagi setiap warga. Pelindo III berharap berbagai macam bantuan termasuk jika diperlukan mengubah Terminal penumpang menjadi rumah sakit khusus untukmenangani pasien COVID-19, dan semoga apa yang dilakukan ini bisa membantu menanggulangi penyebaran virus Covid-19 di Indonesia,” ujarnya.

 

 

“Selain itu, di Surabaya kami bekerja sama dengan sebuah hotel untuk memberikan fasilitas kamar beserta semua akomodasinya gratis bagi dokter dan petugas medis yang ditolak oleh warga sekitar kostnya untuk tinggal maupun menjalani masa karantinanya disana,” pungkas Doso.

Pelindo III tidak berhenti pada pemberian bantuan saja, sebelumnya perusahaan yang berkantor pusatdi Surabaya tersebut sudah melakukan berbagai pencegahan dan penanggulangan, baik di internal maupun eksternal perusahaan.

 

Di antaranya adalah penerapan physical distancing yang ketat di area pelabuhan dan perkantoran, penyediaan bilik steril dan hand sanitizer, pengecekan suhu tubuh, hingga pemberian vaksin influenza dan minuman herbal gratis untuk meningkatkan daya tahan tubuh parapegawai.

Pelindo III juga siap jika terminal penumpang kapal laut di wilayah timur Indonesia harus diubah menjadi Rumah Sakit khusus untuk menangani pasien virus corona. Pelindo III juga tetap memberikan pelayanan distribusi logistik selama 24 jam penuh tanpa henti, guna menjamin kelancaran logistik tetap terjaga ditengah pandemi Covid-19.

“Komitmen kami tidak hanya cukup pada upaya pencegahan penyebaran Covid-19 di Indonesia, terutama di lingkungan kerja. Di tengah pandemi Covid-19 ini, kami menjamin kelancaran logistik selama 24 jam –7 hari penuh sesuai tugas kami,” tutup Direktur Utama Pelindo III.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini