Sukses

5 Strategi Bangun Karier di Tengah Hantaman Pandemi Corona

Magang dapat menjadi pembeda utama bagi lulusan yang ingin menonjol di pasar.

Liputan6.com, Jakarta Alexa Shoen seorang konsultan karier dan juga penulis buku terkenal berjudul #ENTRYLEVELBOSS: How To Get Any Job You Want, mengatakan bahw alulusan 2020 merupakan lulusan spesial. Alasannya, mereka lulus tanpa tatap muka. 

Kelulusan mereka dilalui secara virtual karena harus melakukan social distancing untuk mencegah penyebaran virus Corona. Tentu saja, lulusan 2020 menjadi lulusan yang saat aneh saat mereka harus mencari kerja.  

Meskipun masih terlalu dini untuk mengetahui bagaimana pandemi virus Corona  akan berdampak pada ekonomi dalam jangka panjang, mungkin adil untuk mengatakan bahwa lulusan 2020 akan menghadapi karier yang berat.

Mereka harus menunggu sampai pandemi berakhir atau jika ingin mencari kerja mereka harus berjuang keras tanpa harus bertatap muka. Mereka harus memiliki keahlian yang istimewah sehingga bisa menjadi kaum terpilih. 

Dikutip dari businessinsider, Rabu (8/4/2020), berikut ide dari Alexa Shoen agar karier bisa moncer di tengah penademi:  

Mulai dengan jaringan online 

Studi menunjukkan bahwa 80 persen pekerjaan tidak pernah diposting secara online, mereka malah diisi langsung melalui referensi pribadi. Jaringan adalah kunci untuk setiap pencarian pekerjaan yang sukses, dan itu tidak harus berhenti hanya karena tidak dapat bertemu seseorang secara langsung.

Alih-alih mengirimkan ratusan resume secara online, gunakan waktu ini untuk mengambil gambar, perkenalkan diri melalui email, dan tanyakan aoakah ada waktu untuk berbicara secara virtual.

Mengikuti magang 

Magang dapat menjadi pembeda utama bagi lulusan yang ingin menonjol di pasar, dengan pemberi kerja mengatakan pengalaman magang sering kali menjadi faktor penentu bagi para kandidat yang sederajat.

Jika tidak diterima untuk magang di suatu perusahaan, cari cara alternatif untuk mendapatkan pengalaman yang di butuhkan selama beberapa bulan ke depan. Dengan bergabung dengan kampanye sukarela atau menawarkan untuk membantu bisnis kecil setempat.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Kelola media sosial

Lebih dari sebelumnya, orang-orang akan beralih pada media sosial  untuk mendapatkan pemahaman yang lebih baik tentang siapa dan apa yang dikerjakana taua dilakukan. Pastikan kesan pertama virtual murni dan profesional seperti yang dinginkan.

Kuncinya adalah melangkah lebih dari sekadar "menyembunyikan" kehidupan pribadi dari dunia. Sebaliknya, pikirkan tentang bagaimana dapat mengesankan dengan media sosial. 

Targetkan perusahaan yang bisa berjalan dalam keadaan apapun

Tidak setiap perusahaan melewati masa-masa sulit ketika ekonomi. Buat daftar bisnis yang baik yang mungkin bahkan lebih baik jika orang terjebak di rumah, sepertiperusahaan pengiriman, layanan streaming video, produsen peralatan olahraga rumah, situs kencan online, dan banyak lagi.

3 dari 3 halaman

Berikan perhatian besar pada cara kerja jarak jauh

Bagaimana tim menjaga semangat mereka ketika semua orang di rumah? Apa cara terbaik untuk menandai masalah kepada manajer? Bagaimana orang mengatur peralatan kerja di rumah? Apa pro dan kontra dari berbagai sistem perangkat lunak yang digunakan orang untuk tetap berkomunikasi?

Berusahalah untuk mendidik diri sendiri tentang aspek tertentu dari pekerjaan jarak jauh (budaya tim, pengaturan teknis, etiket pertemuan, sebutkan saja) sehingga  dapat menambah nilai bagi tim baru  sejak hari pertama.

Dalam setiap situasi ada sedikit peluang untuk menjangkau dan menjadikan diri  berguna. Dengan berfokus pada apa yang dapat dikerjakan, dan mengomunikasikan nilai itu dengan jelas, maka akan menemukan cara untuk melewati pencarian kerja ini denganbaik. 

Reporter : Tiara Sekarini

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.