Sukses

Lakukan ini Biar Semangat Saat Menghadapi Kegagalan

Jika saat ini Anda sedang menghadapi berbagai hal yang membuat semangat kendur karena suatu kegagalan, cobalah melakukan hal berikut ini

Liputan6.com, Jakarta Sebagai seorang manusia, tentu bukanlah makhluk sempurna yang bisa terus hidup tanpa melakukan kesalahan. Adakalanya membuat berbagai keputusan yang tidak tepat, sehingga harus menghadapi kegagalan dalam melakukan sesuatu.

Bisa dibilang kegagalan adalah musuh terbesar bagi banyak orang yang sedang menapaki kehidupan sebagai pribadi dewasa. Namun jangan pernah lupakan bahwa kegagalan adalah satu langkah menuju kesuksesan.

Mungkin tak sedikit yang bertanya-tanya apakah orang-orang sukses di sana sering mengalami kegagalan sebelum meraup kesuksesan di kehidupan mereka. Jawabannya adalah ya, dan sangat sering.

Tidak ada kesuksesan yang dibangun dalam waktu 1 hari. Itu adalah hasil dari kegagalan yang tidak terhitung jumlahnya. Baik itu gagal dalam hal kecil ataupun besar. Kemampuan seseorang untuk bangkit dari kegagalan tersebut dan tanpa menyerah menghadapi kehidupan adalah rahasia sukses yang sebenarnya.

Jika saat ini Anda sedang menghadapi berbagai hal yang membuat semangat kendur karena suatu kegagalan, cobalah melakukan hal berikut ini, seperti dikutip dari Cermati.com.

1. Mau Mencoba Mengakui Kesalahan

Kegagalan disebabkan karena kesalahan yang lakukan, baik itu sengaja atau tanpa disengaja. Agar bisa bangkit, perlu belajar dan mencoba untuk mengakui bahwa diri salah.

Sebuah kesalahan bisa disebabkan oleh banyak hal. Seperti mengambil pilihan yang salah, berada di waktu yang tidak tepat, ataupun berada di tempat yang tidak seharusnya.

Mungkin Anda merasa sudah melakukan segalanya dengan tepat sesuai rencana. Namun pada kenyataannya, kesalahan bisa dengan mudah terjadi tanpa disangka.

Langkah pertama yang harus dilakukan adalah mengakui bahwa Anda salah, dan tidak menyalahkan orang lain atas kesalahan tersebut. Apalagi jika kesalahan itu terjadi karena kelalaian diri sendiri. Terima dengan lapang dada dan jadikan itu sebagai catatan untuk masa depan.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

2. Menyadari Bahwa Gagal itu Wajar

Kegagalan itu tidak terlepas dari kehidupan manusia. Itulah mengapa hal tersebut wajar dan hal tersebut adalah fakta yang perlu Anda terima.

Tak dimungkiri, sering kali merasa bahwa kegagalan hanya terjadi pada diri saja dan merasa diri adalah manusia yang paling menyedihkan. Tentu saja hal ini tidaklah benar, semua orang pernah gagal dalam melakukan sesuatu.

Biasakan untuk selalu memaafkan diri sendiri dan menerima fakta bahwa orang bisa gagal kapan saja. Karena yang terpenting adalah mengumpulkan kekuatan untuk segera bangkit dan tidak terjebak di dalamnya.

3. Jangan Biarkan Opini Orang Lain Mendikte Kehidupan Kita

Seringkali, kita membiarkan pandangan atau pendapat orang lain mempengaruhi perilaku kita. Hentikan sekarang juga dan tetap lakukan yang terbaik untuk menghadapi kegagalan dalam hidup.

Opini atau pendapat orang lain itu memang penting, namun jangan biarkan itu mendikte kehidupan kita setiap hari. Banyak dari kita yang gagal move on dari sebuah kegagalan hanya karena orang-orang sekitar yang mengatakan kita tidak bisa. Buanglah jauh-jauh opini buruk yang menjauhkanmu dari kesuksesan.

Kesuksesan ditentukan dari diri kita sendiri. Menerima kritik dan saran itu memang diperlukan agar kita menjadi manusia yang lebih baik. Namun, jangan terlalu lama diambil hati. Bangkit dan percayalah pada diri sendiri.

3 dari 3 halaman

4. Mintalah Pertolongan Pada Orang Lain

Untuk mencapai kesuksesan, tentu tidak lepas dari bantuan orang-orang terdekat kita. Tidak perlu sungkan untuk meminta tolong apabila kita mengalami kesulitan.

Banyak dari kita di luar sana yang mencoba menghadapi masalah sendiri. Enggan bercerita atau meminta bantuan dari orang lain. Hal ini tentu tidaklah tepat, karena memiliki seseorang yang selalu setia membantu Anda saat gagal atau menghadapi masalah adalah sebuah berkah.

“Pekerjaan yang berat akan terasa ringan jika dikerjakan bersama”. Perumpamaan ini sangat tepat.

Karena masalah yang berat dihadapi bisa terasa ringan apabila dihadapi bersama-sama. Jaga terus hubungan baik dengan orang-orang di sekitar Anda, dan jangan ragu untuk menerima serta memberi bantuan kembali ketika mereka juga membutuhkan.

Selalu Berpikir Positif Setiap Saat

Pada akhirnya, untuk bisa move on dari kegagalan adalah dengan selalu mengembangkan pola pikir positif ketika mengalaminya. Ingat agar selalu berpikir positif apabila sedang dihadapkan pada kegagalan atau masalah. Tanpa pikiran yang positif, Anda tidak akan bisa menerima dan bangkit serta menjadi pribadi yang lebih baik. Tetap semangat dan jangan menyerah!

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini