Sukses

Menko Airlangga Ingin BPPT Lakukan Uji Coba B40

Pemerintah tengah menyiapkan roadmap implementasi Biodiesel 40 persen (B40).

Liputan6.com, Jakarta - Menteri Koordinator bidang Perekonomian Airlangga Hartarto mengatakan, pemerintah tengah menyiapkan roadmap implementasi Biodiesel 40 persen (B40).

Sebelum diimplementasikan pada Juli 2021 mendatang, dia berharap Badan Pengkajian dan Penerapan Teknologi (BPPT) melakukan uji coba terlebih dahulu.

"Khusus mengurangi impor pemerintah menyiapkan roadmap biodiesel 40 persen. Diharapkan BPPT bisa menyiapkan uji coba diharapkan Juli 2021 bisa diimplementasikan," ujar Airlangga di Kantor BPPT, Jakarta, Senin (24/2/2020).

Penyerapan biodiesel akan sangat berdampak pada penurunan impor minyak ke depan. Hal tersebut telah terbukti dengan diterapkannya penggunaan B20 sejak tahun lalu pada berbagai sektor usaha.

 

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Selanjutnya

Dia melanjutkan, selain berkontribusi melakukan uji coba B40, BPPT juga harus melakukan transformasi dari sisi produk termasuk pengembangan industri yang telah disusun dalam roadmap industri 4.0.

"Dari sisi produk termasuk pengembangan industri yang di roadmap industri 4.0 diarahkan ke hilirisasi impor, substitusi, berbasis farmasi dan industri lain," jelas Airlangga.

Selain pemanfaatan CPO, pemerinta juga mendorong BPPT peningkatan kapasitas industri berbasis mineral mulai bauksit, alumunium dan aluminium. Pemerintah sendiri kini sudah membangun proyek di Kalimantan Barat dan Bintan yang diharapkan kapasitas aluminium capai 1 juta ton 2021.

Reporter: Anggun P. Situmorang

Sumber: Merdeka.com

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.