Sukses

Top 3: Nasib Pelaut Indonesia di Tengah Wabah Virus Corona

Liputan6.com, Jakarta - Virus corona yang tengah merebak menjadi perhatian masyarakat dunia. Hal itu dikarenakan dampak dari virus tersebut bisa menyebabkan kematian, dan ini sudah ditemukan di beberapa negara.

Penyebaran virus ini pun dikhawatirkan sampai ke Indonesia. Sebab, beberapa negara di ASEAN sudah ditemukan korban dari Virus Corona, salah satunya Singapura.

Selain itu, yang juga menjadi sorotan yaitu bagaimana nasib warga negara Indonesia seperti pelaut Indonesia yang berada di China. Walaupun tidak tahu data pastinya, jumlahnya diperikrakan mencapai ribuan orang.

Pemerintah diminta harus segera mengidentifikasi apakah virus Corona sudah menginfeksi pelaut Indonesia, apakah para pelaut pernah terhubung dengan China atau tidak dan lainnya.

Artikel mengenai nasib para pelaut Indonesia ini menjadi salah satu artikel yang banyak dibaca. Selain itu masih ada beberapa artikel lain yang layak untuk disimak.

Lengkapnya, berikut ini tiga artikel terpopuler di kanal bisnis Liputan6.com pada Senin (27/1/2020):

2 dari 5 halaman

1. Wabah Virus Corona, Bagaimana Nasib Pelaut Indonesia di Kapal China?

Mewabahnya virus Corona di Wuhan, China, hingga menyebabkan puluhan orang meninggal dunia membuat banyak pihak semakin dihantui kekhawatiran.

Rute-rute penerbangan yang terhubung dengan Wuhan terpaksa dibatalkan. Hal itu untuk mencegah terjadinya penularan virus Corona agar tidak masuk ke Indonesia lewat perhubungan jalur udara.

Namun bagaimana dengan perhubungan jalur laut? Hal ini menjadi sorotan Direktur The National Maritime Institute (Namarin) Siswanto Rusdi. Walaupun tidak tahu data pastinya, Siswanto menyebut jumlahnya sangat banyak mencapai ribuan.

Baca artikel selengkapnya di sini

3 dari 5 halaman

2. Menteri PANRB Beberkan Alasan Pemerintah Hapus Tenaga Honorer

Komisi II Dewan Perwakilan Rakyat (DPR), Kementerian PAN RB dan Badan Kepegawaian Negara (BKN) telah sepakat menghapus tenaga honorer.

Banyak pertimbangan yang telah dilakukan dalam penghapusan tenaga honorer yang tiap waktunya selalu menuai pro dan kontra. Menteri PANRB Tjahjo Kumolo akhirnya membeberkan alasan pihaknya menghilangkan status tersebut dari lingkungan pemerintahan.

Menurut Tjahjo, agar berhasil dalam mewujudkan visi Indonesia Maju, diperlukan SDM berkeahlian. Karenanya, diperlukan restrukturisasi komposisi ASN agar didominasi jabatan fungsional teknis berkeahlian sebagaimana visi Indonesia Maju.

Baca artikel selengkapnya di sini

4 dari 5 halaman

3. Cegah Penyebaran Virus Corona, Semua Penerbangan dari China Bakal Ditutup?

Kementerian Perhubungan terus berupaya meningkatkan perlindungan dan pencegahan penyebaran virus Corona yang menewaskan puluhan orang di China.

Saat ini, kebijakan yang telah diambil Kemenhub selaku regulator adalah menutup rute penerbangan dari dan ke Wuhan, China, dimana identifikasi virus Corona pertama kali mencuat di sana.

Lalu langkah apa lagi yang akan dilakukan Kemenhub dalam mencegah penyebaran virus ini?

Baca artikel selengkapnya di sini

5 dari 5 halaman

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

Loading
Artikel Selanjutnya
Virus Corona Bikin Ekspor Kelapa Sawit ke China Anjlok
Artikel Selanjutnya
5 Catatan Kepulangan 238 WNI Asal Wuhan dari Natuna ke Kampung Halaman