Sukses

Plastik Kresek Dilarang, Ini 8 Alternatif Kantong Belanja Ramah Lingkungan

Plastik merupakan salah satu penyumbang terbesar pencemaran lingkungan.

Liputan6.com, Jakarta Beberapa pemerintah daerah (pemda) di Indonesia mulai menerapkan kebijakan larangan penggunaan kantong belanja plastik. Daerah tersebut antara lain Banjarmasin, Balikpapan, Bogor, Denpasar dan terakhir DKI Jakarta.

Kebijakan yang dikeluarkan dalam rangka menjaga lingkungan hidup. Plastik merupakan salah satu penyumbang terbesar pencemaran lingkungan.

Indonesia bahkan tercatat sebagai negara terbesar ke-2 di dunia yang membuang sampah plastik ke laut setelah China. Konsumsi plastik di Indonesia mencapai 17 kilogram per tahun dengan pertumbuhan konsumsi mencapai 6-7 persen per tahun.

Seiring keberadaan aturan ini, muncul pertanyaan tentang produk alternatif pengganti kantong plastik yang tak ramah lingkungan?.

Ternyata selama ini sudah ada beberapa bahan alami ramah lingkungan yang dapat menjadi pengganti kantong plastik. Seperti mengutip laman Brilio, ini produknya:

1. Kantong plastik Avani Eco

Kantong ini berbahan dasar singkong. Diproduksi perusahaan PT. Nirwana Alam Hijau. Tidak seperti plastik kebanyakan yang merusak lingkungan, plastik ini justru sangat mudah larut dalam air.

2. Kantong plastik Ecoplas

Berbeda dari Avani Eco yang berbahan singkong, plastik Ecoplas ini merupakan salah satu pengganti kantong plastik tidak ramah lingkungan.

Plastik buatan PT Tirta Marta ini berbahan dasar tepung tapioka. Plastik ini dengan sangat cepat terurai hanya membutuhkan waktu satu minggu saja.

 

3. Plastik berbahan dasar rumput laut

Produk ini dikeluarkan perusahaan bernama Evoware. Produk ini sangat ramah lingkungan bahkan bisa dimakan. Plastik ini sangat sesuai jika dijadikan sebagai kemasan makanan siap saji.

4. Plastik Nanucellulose

Kantong ini terbuat dari tanaman-tanaman kecil. Biasanya pemanfaatan plastik ini dijadikan gelas atau gerabah karena tekstur plastik ini yang padat. Plastik ini juga bisa dijadikan sebagai komponen elektronik.

5. Plastik Sulapac

Produk berbahan dasar kayu buatan Finlandia, plastik ini sangat cocok dipakai sebagai gerabah.

6. Plastik Susu Sapi

Tessa Silva-Dawson menjadikan susu sapi menjadi bahan pengganti plastik. Ia mendesain vas unik dari susu sapi yang di ekstrasi.

7. Plastik Jamur

Jamur ternyata bisa menjadi bahan dasar pengganti kantong plastik. Perusahaan bernama Evocative Design menjadikan jamur sebagai bahan pengganti plastik. Salah satu produknya botol.

8. Plastik Shrilk Biodegradable

Produk ini buatan Harvard University yang sangat ramah lingkungan. Plastik ini terbuat dari bahan alami yakni cangkang arthropoda.

Reporter : Helena Yupita

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini