Sukses

3 Tips Mengenalkan Merek Pribadi Lewat Media Sosial

Liputan6.com, Jakarta - CEO Hunk-O-Mania, sebuah perusahaan hiburan, Armand Peri membagikan kisah terkait cara membangun usaha atau merek sendiri melalui media sosial.  

Sebelumnya berkembangnya era internet, ia mengabaikan keharus memperkenalkan merek ke pasar. Namun, kini ia menggunakan media sosial untuk memasarkan mereknya, agar lebih dikenal oleh banyak orang.

Menurutnya, memerlukan waktu yang lama untuk membangun merek usaha, agar berkembang secara cepat.

Dia pun membagikan pengalamannya, dengan memberikan tips cara membangun merek yang bisa diterapkan di media sosial. Apa saja tipsnya, berikut uraianya seperti melansir laman Entepreneur.com, Selasa (24/2/2020):

Hanya dibatasi oleh imajinasi

Dibandingkan dengan metode promosi dalam sepuluh tahun terakhir, media sosial benar-benar transformatif. Bayangkan pada zaman dulu, agar merek dikenal publik, Anda harus mengiklankan melalui majalah, menulis di blog, atau iklan di TV.

Itu semua tentunya membutuhkan biaya yang besar, dan ada batasan-batasan. Berbeda dengan iklan yang dilakukan di media sosial, Anda bisa dengan bebas melakukan iklan tanpa batasan, serta menjangkau lebih banyak orang. Sehingga merek Anda bisa dikenal luas dengan cepat.

 

2 dari 2 halaman

Ingat bahwa merek pribadi dapat melampaui industri

Membangun merek pribadi, memungkinkan membuka banyak peluang. Hal ini sangat penting bagi wirausahawan, karena Anda harus rela merasakan kegagalan dan mencoba hal-hal baru.

Sebagai seorang wirausahawan, Anda mungkin akhirnya memutuskan untuk mengubah arah perusahaan dan karier. Selain menjadi wirausahawan, Anda juga bisa menjadi inovator, untuk mengembangkan kemampuan.

Anda juga bisa mengembangkan usaha di bidang lain, seperti membuka usaha restoran, perangkat lunak, dan lain sebagainya. Atau mungkin Anda ditawarkan memiliki kedudukan atau jabatan tinggi di suatu perusahaan lain, sehingga bisa mengembangkan merek Anda dilingkungan lain.

Berkomunikasi dengan pengikut di media sosial

Berbicara langsung kepada pengikut adalah salah satu cara terbaik untuk membentuk hubungan. Tentu saja, ini membutuhkan konten yang menarik dan gambar yang bagus untuk menarik pengikut.

Namun ingat, berkomunikasi secara satu-satu sangat penting, terutama ketika Anda memulai usaha melalui media sosial.

Apabila Anda aktif berhubungan dengan pengikut, seperti membalas pesan, dan komentar, maka citra merek pun akan tercipta sebagai merek yang ramah dan aktif terhadap pengikut, sehingga pengikut pun tidak pergi.

Mendapatkan pengikut tentunya lebih mudah dibandingkan mempertahankan pengikut, agar tetap mengikuti merek usaha Anda di media sosial.