Sukses

Pemerintah Pastikan Stok Pangan Aman Hingga April 2020

Ada beberapa bahan pokok yang memang menjadi fokus perhatian pemerintah. Diantaranya adalah ayam, gula, daging, beras, hingga bahan pangan umum lainnya.

Liputan6.com, Jakarta - Menteri Pertanian, Syahrul Yasin Limpo memastikan bahwa stok bahan pangan menjelang Natal 2019 dan Tahun Baru 2020 (Nataru) aman terkendali. Bahkan, seluruh stok bahan pangan mencukupi sampai dengan tiga bulan ke depan.

"Bahan pangan dilihat aman dari Nataru sampai dengan Maret-April 2020," kata dia saat ditemui di Jakarta, Rabu (19/12/2019).

Dia menyebut ada beberapa bahan pokok yang memang menjadi fokus perhatian pemerintah. Diantaranya adalah ayam, gula, daging, beras, hingga bahan pangan umum lainnya. Namun secara keseluruhan dipastikan dia semua sudah baik dan mencukupi.

"Dan secara umum semua baik dari Kemendag, Kemenperin, KKP, Kementan, Bulog juga mengatakan bahwa Insya Allah semua dalam kendali dan cukup aman. Stok ada," kata dia.

 

Sementaa itu, Direktur Utama Perum Bulog, Budi Waseso menambahkan sejauh ini seluruh bahan pangan memang cukup aman sampai dengan Maret 2020. Hanya saja, ke depan pihaknya tetap akan melakukan evaluasi untuk penyerapan beberapa pangan kembali.

"Yang penting siap. Ke depan kita akan menyiapkan evaluasi dari pada produksi panen, nanti penyerapannya bagaimana," tandas dia.

Reporter: Dwi Aditya Putra

Sumber: Merdeka.com

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Jelang Tahun Baru, Mentan Diminta Jaga Harga Pangan

Stabilitas harga dan ketersediaan pangan untuk masyarakat menjadi pekerjaan utama Menteri Pertanian (Mentan) Syahrul Yasin Limpo. Terlebih jelang Natal serta memasuki 2020.

Mantan Menteri Pertanian Suswono menyatakan harga dan ketersediaan pangan selama ini menjadi potensi munculnya kegaduhan di masyarakat yang akhirnya menyasar Kementan.

"Pak Mentan yang baru harus bisa menjaga kondisi tersebut. Jangan sampai nanti Kementan disalahkan. Stok dan harga pangan terkendali yang paling disorot," ujar Mentan periode 2009-2014 tersebut dalam keterangannya di Jakarta, Rabu (18/12/2019).

Kendati begitu, Suswono tetap merasa berkeyakinan jika Syahrul Yasin Limpo akan berhasil melewati tantangan masalah stok dan harga pangan di Indonesia.

"Kalau harus optimis, pasti selalu optimis. Kita harus optimis bahwa pertanian Indonesia, pangan Indonesia selalu baik. Begitu juga harus optimis jika pak Syahrul bisa menyelesaikan tantangan tersebut," ucap Suswono.

3 dari 3 halaman

Pengaruhi Kesejahteraan

Menurut dia, terkendalinya ketersediaan dan harga pangan berpengaruh pada tingkat kesejahteraan masyarakat dan ekonomi negara.

Seperti diketahui, Syahrul Yasin Limpo sejak awal menyatakan komitmennya menyoal masalah pangan di Indonesia. Paling utama, Syahrul Yasin Limpo ingin ke depannya data pangan selaras.

Untuk itu, Syahrul Yasin Limpo akan berkoordinasi dan bersinergi dengan Kementerian ATR/BPN dan BPS terkait keselarasan data pangan antar-instansi.

Selanjutnya, Syahrul Yasin Limpo juga akan meningkatkan koordinasi dengan daerah rawan pangan. Memetakan potensi pangan yang bisa dikembangkan sehingga daerah juga bertanggungjawab.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.