Sukses

Simak Cara Mudah Berbisnis Katering

Liputan6.com, Jakarta Siapapun bisa jadi pengusaha, asalkan ada kemauan dan tekad yang kuat serta mau untuk terus belajar. Namun tak jarang orang merasa enggan meski ada keinginan hanya karena terbayang kegagalan dan kesulitan dalam berbisnis.

Tentu saja, tak semua bisnis itu melulu soal modal yang besar dan sulit dijalankan. Jika Anda ingin terjun ke dunia bisnis dan melirik menjalankan usaha katering, tak perlu khawatir, segeralah memulainya karena tidak sesulit yang dibayangkan.

Selain mudah, bisnis katering juga menjanjikan keuntungan yang besar. Penasaran seperti apa caranya? Berikut cara mudah berbisnis katering yang menguntungkan, seperti dikutip dari Cermati.com.

1. Jangan Pernah Menganggap “Modal Jadi Hambatan”

Sepertinya hampir semua orang yang ingin berbisnis tapi selalu saja mengurungkan niatnya dikarenakan terbentur oleh modal yang belum cukup. Setiap usaha memang butuh yang namanya modal.

Tapi bukan berarti modal adalah satu-satunya untuk mendirikan sebuah bisnis. Ada hal lain selain modal yang berperan penting dalam sebuah usaha, yakni kemauan yang keras dan komitmen pantang menyerah.

Oleh sebab itu, jangan selalu menganggap bahwa modal adalah satu-satunya yang bisa membuat suatu bisnis itu berjalan.

Jadi, ubahlah pola pikir Anda terlebih dahulu dan jangan pernah menganggap bahwa modal menjadi penghambat dalam mewujudkan keinginan untuk berbisnis. Apalagi untuk jenis usaha katering.

2 dari 3 halaman

2. Gunakan dan Manfaatkan Peralatan Dapur yang Ada

Pada tahap awal usaha katering sebenarnya tidak terlalu memerlukan banyak modal. Sebagai contohnya adalah modal peralatan masak bisa digunakan dari peralatan yang telah ada, sehingga tidak perlu membeli perlatan masak yang baru.

Selanjutnya untuk ruangan memasak Anda juga bisa menata dapur di rumah menjadi tempat Anda memulai usaha. Jangan terlalu memusingkan soal urusan modal untuk memulai usaha katering bisa dijalankan dengan modal minim.

Bahkan, hanya bermodal Rp3-5 juta saja sudah bisa untuk membeli bahan-bahan makanan dan membuat pesanan awal Anda. Melalui modal tersebut, Anda sudah bisa mendapatkan laba yang nantinya digunakan sebagai modal lagi.

Sisihkan sebagian modal untuk mengembangkan usaha katering Anda. Sedikit demi sedikit namun pasti, usaha katering Anda akan meraih kesuksesan dan menjadi besar di masa yang akan datang.

3. Ingat, Lokasi Juga Menentukan Sukses Usaha Katering

Lokasi sangat berpengaruh pada sukses atau tidaknya usaha katering Anda. Jika, lokasi usaha dekat dengan konsumen, tentu akan memengaruhi banyaknya pesanan yang nantinya Anda terima.

Lokasi yang berdekatan dengan konsumen juga akan menjadikan proses pengiriman barang lebih cepat sampai ke pelanggan. Selain itu juga akan menjaga kualitas makanan tetap baik karena tidak terlalu lama di perjalanan dan tepat waktu sehingga pelanggan akan puas.

3 dari 3 halaman

4. Jangan Terlalu Mahal, Jual Harga Makanan secara Wajar

Jika ingin membuka usaha katering, Anda harus benar-benar paham betul tentang harga yang ditawarkan ke konsumen. Jika Anda mematok harga-harga makanan terlalu tinggi akan sulit menarik perhatian calon konsumen.

Cobalah melakukan strategi promosi untuk mengenalkan citarasa makanan Anda kepada masyarakat. Selain itu, Anda juga bisa melakukan survei pada usaha katering lain yang menjadi saingan Anda.

Jangan lupa mencari tahu harga masakan yang mereka berikan pada konsumen. Hindari mematok harga terlalu tinggi dari para pesaing. Hal ini dikarenakan usaha katering Anda masih tergolong baru dan belum banyak dikenal orang.

Tawarkan harga yang kompetitif serta lakukan promosi agar banyak pelanggan tertarik untuk menggunakan katering Anda. Semisal memberikan cashback untuk pemesanan pertama kali, potongan harga untuk pemesanan dalam jumlah tertenti, dan lainnya.

5. Jangan Pernah Abaikan, Kualitas Makanan Harus Nomor Satu

Tips sukses usaha katering yang sangat penting diperhatikan adalah kualitas makanan. Jika usaha katering Anda sudah menomor satukan kualitas makanan Anda, artinya Anda telah selangkah memenangkan pertandingan.

Pastikan rasa dari makanan katering yang Anda jual memiliki kualitas terbaik. Tak hanya soal rasa, Anda juga harus memastikan masakan yang Anda sajikan dalam kondisi yang segar. 

Jangan lupa, pastikan kebersihan makanan yang Anda sajikan karena tentu Anda tidak ingin pelanggan kecewa setelah menemukan kerikil, rambut, atau benda asing masuk ke dalam makanan dan kapok, bukan? Lakukanlah, quality control katering Anda dengan baik.

Bulatkan Tekad, Wujudkan Mimpi Jadi Pengusaha Katering      

Jika memutuskan membuka usaha katering sendiri, maka Anda bisa memiliki kebebasan sepenuhnya untuk menentukan masa depan usaha sendiri. Sebab di sisi lain Anda tidak terikat kontrak kerja dengan orang lain.

Dengan membuka usaha sendiri, Anda bisa mencari keuntungan lebih yang bisa digunakan untuk memenuhi kebutuhan hidup dan jaminan masa depan yang mapan.

Loading
Artikel Selanjutnya
Bukalapak dan Cermati.com Luncurkan Fitur Pengajuan Kartu Kredit Online
Artikel Selanjutnya
Jangan Putus Asa, Ini Cara Jitu Mengatasi Masalah