Sukses

Rahasia Industri Makanan dan Minuman Tumbuh Subur di Indonesia

Industri makanan dan minuman mamin menjadi salah satu paling diminati di Indonesia

Liputan6.com, Jakarta - Industri makanan dan minuman (mamin) menjadi salah satu paling diminati di Indonesia. Pertumbuhannya terus meningkat dari tahun ke tahun.

Sekretaris Jenderal Kementerian Perindustrian, Achmad Sigit Dwiwahjono menyebutkan industri makanana dan minuman menjadi sektor yang tumbuh paling tinggi dibanding industri lainnya.

"Makanan dan minuman tumbuh lebih tinggi. Historical data lima tahun terakhir paling tinggi dari sektor lain, rata-rata 8 sampai 9 persen pada lima tahun terakhir," kata dia dalam acara Workshop Pendalaman Kebijakan Industri, di Padang, Selasa (8/10/2019).

Dia optimis industri ini dapat tumbuh hingga double digit jika terus diupayakan untuk berkembang. Salah satunya dengan penerapan industri 4.0 yang sudah mulai digaungkan di Tanah Air.

Adapun faktor yang mendorong suburnya industri makanan minuman adalah karena mudahnya akses memperoleh bahan baku. Sebagian besar bahkan hampir semua komponen industri ini dapat diperoleh dari dalam negeri.

"Mamin ini merupakan sektor yang mempunya nilai tambah paling tinggi karena seluruh komponen bahan bakunya sebagian besar dari dalam negeri," ungkapnya.

 

Reporter: Yayu Agustini Rahayu

Sumber: Merdeka.com

 

* Dapatkan pulsa gratis senilai Rp 5 juta dengan download aplikasi terbaru Liputan6.com di tautan ini.

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Mendongkrak Nilai Tambah

Dia menjelaskan, penggunaan komponen dalam negeri otomatis dapat mendongkrak nilai tambah dan dapat mendorong pertumbuhan ekonomi nasional.

"Nilai tambah dari bahan baku dan input lainya dimana bahan baku menjadi share terbesar dari nilai tambah, kalau nilai tambah semakin besar maka pertumbuhan ekonominya juga akan semakin besar," jelasnya.

Selain itu, industri mamin saat ini juga didominasi oleh Industri Kelas Menengah (IKM) yang merupakan salah satu tulang punggung roda pertumbuhan ekonomi nasional.

"IKM menjadi priorotas bagi kita semua tidak hanya menjadi trigger (pemicu) pertumbuhan paling tinggi tapi juga penyerapan tenaga kerja paling besar," tutupnya.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.