Sukses

Menhub Kupas Tuntas Skema Transportasi Ibu Kota Baru Siang Ini

Ibu kota baru harus menciptakan kota yang berteknologi dan tidak merusak lingkungan hidup.

Liputan6.com, Jakarta - Pemerintah terus melakukan persiapan dan kajian untuk membangun intelligent transportation system (ITS) atau sistem transportasi cerdas di ibu kota baru.

Menteri Perhubungan (Menhub) Budi Karya Sumadi akan menjelaskan skema transportasi tersebut dalam acara Dialog Nasional Rancang Bangun dan Kesiapan Kalimantan Timur Sebagai Ibu Kota Baru NKRI di Balikpapan, Rabu (2/10/2019) siang ini.

"Menteri Perhubungan akan menjelaskan skema transportasi di ibu Kota baru yang menggunakan high technology seperti arahan Presiden," ujar Kepala Biro Komunikasi dan Informasi Publik Kementerian Perhubungan, Hengki Angkasawan.

Dalam acara tersebut, Budi juga akan menjelaskan kebijakan nasional terkait transportasi publik yang meliputi sektor darat, udara, dan laut yang harus terintegrasi. Hengki menilai, akses transportasi merupakan salah satu hal terpenting lantaran berhubungan dengan aksesbilitas masyarakat.

"Karena kan fungsi utama perhubungan sendiri adalah menghubungkan publik transportasi yang memudahkan aksesbilitas masyarakat untuk menunjang aktivitas di ibu kota baru," jelas Hengki.

Adapun acara dialog nasional ini bertujuan untuk memberikan penjelasan kepada masyarakat luas bahwa Ibu kota baru di Kalimantan Timur ini tidak menjadi seperti Jakarta yang selama ini identik dengan kemacetan, keruwetan, polusi, dan kekumuhan.

Namun, ibu kota baru ke depan harus menciptakan kota yang canggih berteknologi, tidak merusak lingkungan hidup yang sudah ada dengan menjaga kearifan lokal berupa hutan lestari, tanah, dan lautan di Kalimantan Timur.

 

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Gagasan Baru

Acara yang dihadiri oleh lebih dari 50 pimpinan redaksi dari berbagai media ternama di Indonesia itu diharapkan dapat memberikan gagasan, saran, atau kritik atas rencana pemindahan ibu kota baru.

Gagasan yang telah ditampung dalam acara dialog ini akan diterima pemerintah sebagai bahan pertimbangan dalam pembangunan ibu kota baru NKRI.

Selain Menteri Perhubungan, hadir pula pada kesempatan tersebut Menteri PUPR Basoeki Hadimuljono, Menteri PPN/Kepala Bappenas Bambang Brodjonegoro.

Selain itu juga Menteri ATR/BPN Sofyan Djalil, Menteri Lingkungan Hidup dan Kehutanan Siti Nurbaya Bakar, Gubernur Kalimantan Timur Isran Noor, serta pejabat pemerintah daerah (pemda) terkait.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.