Sukses

Penggabungan Batasan Produksi Rokok Optimalkan Pendapatan Negara

Pemerintah berencana untuk penggabungkan batasan produksi sigaret kretek mesin (SKM) dan sigaret putih mesin (SPM) menjadi tiga miliar batang per tahun.

Liputan6.com, Jakarta - Indonesia Budget Center (IBC) menilai perubahan kebijakan cukai PMK 146 Tahun 2017 merupakan awal dari persoalan yang terjadi di Industri Hasil Tembakau (IHT) seperti rokok saat ini.

Di dalam aturan tersebut, tertuang aturan terkait penggabungan batasan produksi sigaret kretek mesin (SKM) dan sigaret putih mesin (SPM) menjadi tiga miliar batang per tahun. Sayangnya, aturan tersebut ditunda pelaksanaannya, menyusul terbitnya PMK 156/2018.

“Akibatnya, ada potensi bagi negara untuk kehilangan penerimaan,” ujar Koordinator IBC Roy Salam di Jakarta, Senin (30/9/2019).

Padahal menurut Roy, jika Pemerintah tetap menjalankan penggabungan batasan produksi sigaret kretek mesin (SKM) dan sigaret putih mesin (SPM) menjadi tiga miliar batang per tahun, maka penerimaan negara dapat dioptimalkan.

Sementara itu, Pegiat Anti Korupsi Emerson Juntho melihat terdapat masalah mendasar soal penyimpangan atau korupsi yang menyebabkan kerugian negara atau potensi kehilangan penerimaan negara.

“Ada 3 identifikasi praktek-praktek dimana ini punya potensi korupsi atau hilangnya penerimaan negara. Selain soal rokok illegal dan penyalahgunaan intensif fiskal, kita melihat ada potensi penyimpangan dari pembayaran cukai rokok dari tarif terendah,” jelas Emerson. 

Emerson melihat ada masalah yang cukup mendasar, yakni celah perusahaan besar asing SPM dan SKM untuk memproduksi kurang dari 3 miliar batang per tahun. Walaupun legal, ia khawatir ini adalah upaya pensiasatan-pensiasatan pabrik rokok untuk menghindari membayar tarif cukai tertinggi.

“Paling tidak ada 2 rekomendasi pertama yakni ada perbaikan kebijakan rokok, dibuat terbuka ke publik. Misalnya, pemerintah mendefiniskan ulang mana perusahaan kecil dan besar, ini menjadi penting. Kedua, mendorong keterlibatan KPK terkait upaya pencegahan dan optimalisasi penerimaan negara dari cukai rokok,”tegas Emerson.

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Libatkan KPK

Di sisi lain Oce Madril Pusat Kajian Anti Korupsi Universitas Gajah Mada mengatakan, yang terjadi saat ini adalah adanya problem perencanaan yan tidak baik yang boleh jadi disebabkan karena kebijakan yang tidak berbasiskan praktek empiris.

“Saya lihat di kebijakan Kemenkeu, PMK saat ini memunculkan potensi korupsi kebijakan. Jadi karena perencanaan kebijakannya tidak direncanakan dengan baik, maka kita bisa melihat ada persoalan-persoalan turunan yang akan disebabkan oleh kebijakan itu,” kata Oce.

Oce berharap, agar ke depan harus ada review yang melibatkan KPK.

“Saya mengusulkan KPK untuk mengaktifkan pasal 14 UU KPK. Mengaktifkan pasal 14 itu berarti KPK harus mereview terhadap kebijakan cukai. Berdasarkan review itu, KPK akan terbitkan rekomendasi revisi kebijakan kepada Menteri berkaitan dengan perbaikan kebijakan yang harus dilakukan untuk celah turunnya penerimaan negara,” pungkas Oce.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.