Sukses

Jalan Tol Pertama di Ibu Kota Baru Beroperasi Akhir Oktober

Liputan6.com, Jakarta - PT Jasa Marga (Persero) Tbk mendukung penuh rencana pemindahan Ibu Kota Negara dari DKI Jakarta ke wilayah dua Kabupaten di Provinsi Kalimantan Timur, Kutai Kartanegara dan Penajam Paser Utara.

Salah satu jalan tol yang dikelola oleh anak usaha Jasa Marga, Jalan Tol Balikpapan-Samarinda, akan melintasi Kecamatan Samboja, Kutai Kartanegara yang hingga awal September 2019 ini hampir rampung 100 persen.

 

Dalam kunjungannya, Kepala Badan Pengatur Jalan Tol (BPJT) Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) Danang Parikesit menyatakan bahwa jalan Tol Balikpapan-Samarinda dapat segera digunakan oleh masyarakat pada akhir Oktober 2019.

“Saat ini progres konstruksi seluruhnya telah mencapai 97 persen. Kami optimis untuk Seksi II hingga Seksi IV Palaran dapat dioperasikan secara fungsional akhir Oktober ini. Sementara itu, Seksi V dan I yang merupakan dukungan konstruksi Pemerintah masih ada beberapa yang harus dikejar dan ditargetkan beroperasi pada akhir tahun 2019,” jelas Danang dalam keterangan tertulis di Jakarta, Minggu (8/9/2019).

Jalan tol Balikpapan-Samarinda memiliki total panjang 99,350 Km terdiri dari 5 seksi, yaitu Seksi V ruas Balikpapan (Km 13) – Sepinggan (11,500 Km), Seksi I ruas Balikpapan (Km 13) – Samboja (22,025 Km), Seksi II ruas Samboja – Muara Jawa (30,975 Km), Seksi III Muara Jawa – Palaran (17,300 Km) dan Seksi IV Palaran – Samarinda (17,550 Km).

 

 

2 dari 4 halaman

Jokowi Janjikan Pembangunan Tol Balikpapan-Samarinda Rampung Akhir 2019

Presiden Joko Widodo atau Jokowi berjanji akan menyelesaikan pembangunan jalan tol Balikpapan-Samarinda pada akhir 2019. Tol Balikpapan-Samarinda tercatat sepanjang 99 km. 

"Jalan tol Balikpapan-Samarinda tinggal 20 persen akan kita selesai akhir tahun ini," kata Jokowi di Gedung DOM Balikpapan, Kalimantan Timur, Kamis (28/3/2019).  

Bila tol tersebut rampung, Jokowi memastikan Balikpapan-Samarinda bisa ditempuh dalam waktu maksimal satu jam. Sebelumnya, Balikpapan-Samarinda ditempuh dalam waktu sekitar tiga jam.

Setelah pembangunan tol Balikpapan-Samarinda selesai, Jokowi mengisyaratkan akan membangun tol sampai ke Bontang. 

"Supaya semuanya tahu nantinya setelah Balikpapan-Samarinda selesai tolnya juga akan diteruskan naik lagi sampai ke Bontang. Siapa yang setuju tunjuk jari, siapa yang tidak setuju silakan maju saya beri sepeda," ujar Jokowi.

 

3 dari 4 halaman

Bendungan Baru

Mantan Gubernur DKI Jakarta ini melanjutkan, tidak menutup kemungkinan jika dirinya terpilih kembali sebagai presiden pemerintah akan membangun bendungan baru di Kalimantan. Saat ini pemerintah telah membangun tiga bendungan yakni bendungan Teritip, Marangkayu dan Tapin. 

"Jadi sudah ada 3 bendungan yang kita bangun dalam 4 setengah tahun ini. Jadi siapa yang setuju dibangun bendungan lagi?" kata Jokowi. 

4 dari 4 halaman

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

Loading
Artikel Selanjutnya
Rest Area Tol Cipali Diprediksi Tak Mampu Tampung Pemudik saat Libur Natal
Artikel Selanjutnya
Jokowi Sebut Tol Kunciran-Serpong Mampu Kurangi Macet