Sukses

Menteri Jonan: Pertamina Jangan Hanya Menunggu Penugasan dari Pemerintah

Penemuan kandungan migas dalam skala besar tidak akan bisa terjadi, jika tidak ada terobosan dalam kegiatan pencarian migas.

Liputan6.com, Jakarta PT Pertamina (Persero) diminta tidak hanya menunggu penugasan dari pemerintah untuk mencari minyak dan gas (migas). Pertamina diminta untuk lebih semangat mencari sumber minyak dan gas bumi (migas) baru.

Menteri Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) Ignasius Jonan mengatakan, Pertamina harus sungguh-sungguh melakukan pencarian sumber migas baru agar penemuan kandungan migas bertambah.

"Pertamina sendiri harus mempunyai semangat. Harus melalukan eksplorasi dengan sungguh-sungguh," kata Jonan, saat menghadiri I‎PA Convex 2019‎, di Jakarta Convention Center (JCC), Rabu (4/9/2019).

Dia pun menganjurkan, agar Pertamina tidak hanya me‎nunggu penugasan memngelola blok migas produksi yang habis masa kontraknya. Hal tersebut memang tidak masalah, namun pencarian sumber miyak baru juga merupakan keharusan.

"Jadi jangan hanya menunggu blok produksi yang sudah jatuh tempo, terus nanti diteruskan oleh mereka," tuturnya.

Menurut Jonan, penemuan kandungan migas dalam skala besar tidak akan bisa terjadi, jika tidak ada terobosan dalam kegiatan pencarian migas yang dilakukan perusahaan sendiri.

"Kalau di hulu migas, kalau anda mau bikin terobosan yang besar, mau ekspansi yang besar di bisnis itu harus melakukan eksplorasi sendiri," tandasnya.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini