Sukses

6 Nasihat Inspiratif dari Miliarder Legendaris Warren Buffett

Liputan6.com, Omaha - Miliarder Warren Buffett baru usia berulang tahun ke 89 pada 30 Agustus lalu. Buffett adalah orang tertua yang paling kaya di dunia dan menurut perhitungan terkini Forbes, kekayaannya sebesar USD 79,7 miliar atau Rp 1.133 triliun (USD 1 = Rp 14.224).

Buffett juga merupakan legenda hidup di dunia investasi. Selain hobi membaca buku, ia juga sering menulis buku untuk membagi ilmu soal investasi. Kutipan Warren Buffett soal saham pun tertulis di tembok Bursa Efek Indonesia.

Sebagai investor tersukses di dunia, banyak orang yang penasaran soal pandangan dan pengalaman Warren Buffett terhadap berbagai hal. Warren Buffett pun hobi membagikan wejangan soal kehidupan.

Melansir CNBC, untuk merayakan ulang tahun miliarder Warren Buffett, berikut enam nasihat sang investor tentang karier, uang, bahkan cinta.

2 dari 8 halaman

1. Tentang Pasangan Hidup

Warren Buffett adalah CEO Berkshire Hathaway, sebuah konglomerasi yang bermarkas di Omaha, Amerika Serikat (AS). Buffett juga punya saham besar di Apple dan Amazon.

Kesibukan mengurus Berkshire Hathaway dan trading saham tidak membuat Buffett lupa dengan kehidupan percintaan. Baginya, pasangan hidup justru adalah faktor penting dalam kehidupan.

Buffett yakin orang di sekitar kita akan memberi efek positif dan negatif. Itulah mengapa Warren Buffett menekankan untuk mencari pasangan yang baik.

"Nikahilah orang yang tepat. Saya serius tentang itu. Hal itu akan membuat banyak perbedaan di kehidupanmu. Itu akan mengubah aspirasimu, dan banyak hal lainnya," ujar Buffett.

3 dari 8 halaman

2. Tentang Diri Sendiri

Tak hanya hobi berinvestasi saham, Warren Buffett juga mengingatkan investasi terbaik adalah kepada diri sendiri. Cara itu bisa dilakukan dengan belajar, salah satu contoh yang pernah ia sebut adalah komunikasi.

"Belajar berkomunikasi lebih baik dalam tulisan dan secara langsung. Mengasah skill itu dapat menambah nilaimu setidaknya 50 persen," ujar Buffett pada 2018 ketika ditanya seorang pemuda.

Nasihat penting lainnya adalah mengurus diri sendiri. Warren Buffett berkata tubuh berbeda dengan mobil yang bisa dibeli lagi, ia berkata jangan sampai baru peduli dengan tubuh ketika sudah tua.

"Kamu hanya punya satu pikiran dan tubuh di dunia ini, dan kamu tidak bisa baru mengurusnya ketika mencapai usia 50 tahun. Pada saat itu, kamu akan karatan jika tidak mengurus lebih awal," ujar Warren.

4 dari 8 halaman

3. Tentang Pergaulan

Masih soal pergaulan, Buffett percaya bergaul dengan orang-orang baik adalah hal terbaik dalam kehidupan. Mereka pun juga bisa menjadi contoh yang baik bagi diri kita, dan sebaliknya berlaku.

"Jika kamu bergaul dengan orang-orang yang kelakuannya lebih buruk darimu, maka kamu pasti akan segera menjadi seperti itu juga," ucap Warren Buffett.

5 dari 8 halaman

4. Tentang Pekerjaan

Warren Buffett tidak menyarankan bekerja hanya karena untung uang semata. Pekerjaan rekomendasi sang miliarder adalah yang memiliki sosok yang kamu hormati.

"Cobalah bekerja untuk orang yang paling kamu segani. Pekerjaan itu mungkin tidak akan kamu lakukan sampai 10 tahun, tapi sepanjang perjalanannya ada banyak hal yang bisa kamu pelajari," ujar Buffett.

6 dari 8 halaman

5. Tentang Opini Orang Lain

Sebagai investor, Warren Buffett mengaku tidak mendengarkan omongan dari para ekonom soal performa saham. Ia juga tak suka ketika para investor mendengar nasihat saham dari non-investor.

"Jika kamu melihat sejarah dari mereka (ekonom), mereka tidak menghasilkan banyak uang dari jual-beli saham, tetapi mereka yang jual-beli saham justru mendengarkan orang-orang itu. Saya sedikit terganggu dengan itu," ujarnya.

7 dari 8 halaman

6. Tentang yang Lebih Berharga Ketimbang Harta

Kekayaan terbaik bagi Warren Buffett adalah orang-orang terdekatnya. Pada tahun 2008, ia berkata bahwa cinta tanpa syarat adalah benefit terbaik yang bisa seseorang dapat.

Nasihat Buffett tentang cinta adalah agar kita tidak posesif dan mengekangnya.

"Jika kamu mencoba untuk memberikan cinta, kamu akan mendapat dua kali lipat, tetapi jika kamu mengekangnya, itu malah justru hilang," kata Buffett.

8 dari 8 halaman

Saksikan Video Pilihan Berikut Ini:

Loading
Artikel Selanjutnya
Rahasia Miliarder Bill Gates Mengendalikan Ego
Artikel Selanjutnya
Target 11.11 Meleset, Jack Ma Salahkan Hari Senin dan Cuaca Panas