Sukses

Petani Padi Serasi Siap Diikutkan Asuransi Usaha Tani Padi

Liputan6.com, Jakarta Para petani “Selamatkan Rawa Sejahterakan Petani” (Serasi) diikutkan program Asuransi Usaha Tani Padi (AUTP) dan mereka menyatakan kesiapannya. Dirjen Prasarana dan Sarana Pertanian Sarwo Edhy mengatakan dari target pengembangan program Serasi 200 ribu ha di Sumsel diupayakan petaninya mengikuti AUTP.

“Kita upayakan semua petani, kelompok tani yang ikut program Serasi, kita himbau untuk ikut asuransi program pemerintah,” tambahnya pada Apresiasi Pemberdayaan Permodalan dan Asuransi Pertanian di Sumatera Selatan selama tiga hari (19/8).

Dijelaskannya, program asuransi pertanian yang dilaksanakan Kementerian Pertanian saat ini adalah menjalankan amanat UU No 19/2013 tentang Perlindungan dan Pemberdayaan Petani.

“Dalam Pasal 37, diamanahkan kepada pemerintah dan pemerintah daerah untuk melindungi usaha petani dalam bentuk asuransi pertanian,” tambahnya.

Dalam AUTP, petani padi hanya dengan membayar premi Rp 36 ribu, dengan subsidi pemerintah Rp 144 ribu per ha/ musim, mereka kalau ada musibah baik itu banjir di musim hujan atau kekeringan di musim kemarau, atau terkena hama penyakit itu bisa dapat penggantian Rp 6 juta per ha.

“Artinya ketika petani mengalami musibah dia bisa bangkit kembali dengan uang Rp 6 juta sebagai modal awal untuk budidaya padi kembali,” tambah Sarwo Edhy.

"Siap ikut AUTP," tanya Dirjen PSP Sarwo Edhy kepada para peserta Apresiasi yang diikuti sekitar 135 perwakilan petani Serasi di Sumsel.

Mereka menjawab serempak, siaaap! Kepala Dinas Tanaman Pangan dan Hortikultura Sumsel Antoni Alam mengatakan program AUTP di lahan Serasi sangat diperlukan petani.

“Kalau di daerah Serasi, untuk asuransi ini saya pikir tepat untuk dijaminkan usaha mereka, karena disini, selain karena kelembagaannya lebih bagus dan kita sedang hangat-hangatnya kita bina, mudah mudahan dari petani petani peserta Serasi ini bisa meningkatkan target kepesertaan asuransi AUTP di Sumsel,” tambahnya.

Direktur Pembiayaan Pertanian Kementan Indah Megahwati menambahkan upaya pemerintah dan pemerintah daerah mengikutkan petani program Serasi dalam program AUTP merupakan salah satu strategi untuk mencapai target kepesertaan AUTP di Sumsel yang saat ini masih sekitar 29 persen.

“Kami inginkan pada akhir Agustus dengan adanya kerjasama program Serasi di 3 propinsi yakni Kalsel, Sumsel, dan Sulsel, insya Allah akan dapatkan sekitar 60 persen yang ikut asuransi,” tambah Indah Megahwati.

 

(*)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini