Sukses

Signify Bangun Instalasi Seni Cahaya di 15 Jembatan Sungai Thames

Liputan6.com, Jakarta - Perusahaan pencahayaan Signify (LIGHT), ditunjuk menjadi mitra Illuminated River Foundation untuk membangun seni pencahayaan di empat jembatan di sepanjang Sungai Thames. Jembatan tersebut adalah London Bridge, Cannon Street Railway Bridge, Southwark Bridge dan Millennium Bridge. 

Teknologi Color Kinetics LED luminer Signify yang dikelola secara terpusat menggunakan Interact Landmark system merupakan fase pertama proyek Illuminated River. Secara jangka panjang, proyek seni ini akan membangun instalasi pencahayaan di 15 jembatan.

Tujuan dari pembangunan instalagi seni ini adalah untuk menciptakan pengalaman visual berjenjang bagi jembatan-jembatan sehingga dapat dinikmati oleh oleh para pejalan kaki di jembatan, dari tepi sungai London, dari udara, dari gedung-gedung tinggi dan dari perahu yang berlayar di atas sungai.

Proyek ini dipimpin oleh Illuminated River Foundation yang menyelenggarakan kompetisi desain pencahayaan internasional yang dimenangkan oleh seniman internasional ternama, Leo Villareal dan arsitek London, Liftschutz Davidson Sandilands.

Signify dipercaya untuk proyek ini karena reputasinya yang telah mendunia, keahliannya di bidang pencahayaan, serta kemampuan untuk mewujudkan proyek pencahayaan terkoneksi berskala besar dan penting seperti ini.

“Bermitra dengan Signify, yang sekarang kami lakukan untuk mengubah jembatan dan muka sungai ini merupakan suatu terobosan. Kami menggunakan pencahayaan LED yang dinamis dan hemat energi untuk pertama kalinya pada 15 jembatan London dengan sistem Interact Landmark Signify untuk menciptakan karya seni publik berskala paling besar yang pernah dilihat,” komentar Sarah Gaventa, Direktur, Illuminated River Foundation dalam keterangan tertulis, Selasa (13/8/2019).

Seniman Leo Villareal menyatakan kegembiraan dengan adanya proyek ini. Menurutnya, dengan Illuminated River sebagai karya seni terbesar yang pernah ia hasilkan. "Saya berharap untuk mengikuti jejak Monet, Turner dan Whistler serta mengungkapkan karakter sungai Thames yang benar-benar unik, inspiratif, dan puitis,” ujarnya.

 

2 dari 2 halaman

Proyek hingga 2022

Sistem Interact Landmark Signify akan mendeteksi dan mengelola gangguan serta melakukan diagnosa dan pemeliharaan jarak jauh, meningkatkan manajemen aset sehingga mengurangi biaya.

Berdasarkan kontrak, Signify akan menerangi hingga 15 jembatan ikonis London sampai 2022, dan akan menyediakan layanan siklus pakai untuk memantau dan mengelola pencahayaan terkoneksi jembatan dari jarak jauh hingga 10 tahun ke depan, masa dimana karya seni ini akan dilihat lebih dari satu miliar kali.

Pencahayaan merupakan salah satu cara paling ampuh untuk menghembuskan kehidupan baru pada kota-kota dan wilayah metropolitan terkemuka, menjunjung tinggi era baru desain dan kecantikan perkotaan.

"Kami telah menerangi jembatan di seluruh dunia dan melihat secara langsung dampak positif dari pencahayaan arsitektur dinamis terhadap transformasi masyarakat dan kemajuan ekonomi lokal. Sungguh luar biasa dapat memberikan kepada penduduk kota London jembatan-jembatan yang bersinar dengan menakjubkan, termasuk beberapa jembatan yang baru untuk pertama kalinya diterangi," kata Maria-Letizia Mariani, Presiden Eropa, SVP, Signify.

Lebih dari 22.000 titik lampu Color Kinetics LED terkoneksi akan digunakan untuk menerangi hingga 15 jembatan dengan efek pencahayaan artistik dan dinamis melalui perangkat lunak yang dikelola secara terpusat – Interact Landmark.

Pencahayaan Color Kinetics LED dapat menciptakan hingga 16 juta skema warna. Jembatan yang akan diterangi meliputi:

- London

- Southwark

- Cannon Street Railway

- Millenium

- Blackfriars Railway

- Blackfriars

- Waterloo

- Golden Jubilee

- Westminster

- Lambeth

- Vauxhall

- Grosvenor

- Chelsea

- Albert

- Tower.

Loading