Sukses

Destry Damayanti Jadi Deputi Gubernur Senior BI, Ini Harapan DPR

Liputan6.com, Jakarta Komisi XI DPR RI telah memilih Destry Damayanti menggantikan Mirza Adityaswara menjadi Deputi Gubernur Senior Bank Indonesia (BI) periode 2019-2024.

Terpilihnya Destry memberikan banyak harapan DPR RI terkait kebijakan Bank Indonesia ke depannya bisa lebih baik.

Ketua Komisi XI Melchias Marcus Mekeng mengatakan harapan pertama adalah Destry bisa mendorong kebijakan BI bisa mendatangkan arus investasi dari luar negeri.

"Pertumbuhan ekonomi kita tidak bisa mengandalkan hanya dari APBN, kita ingin investasi dari luar negeri. Dan BI punya peran besar dengan produk keuangan seperti repo dan tidak hanya SUN tapi SBN, dan masih banyak. Sehingga orang mau menanamkan uang baik dari FDI atau lainnya," kaya Mekeng di Gedung DPR RI, Kamis (11/7/2019).

Tidak hanya itu, harapan selanjutnya yang dikatakan Mekeng yaitu Destry Damayanti bisa semakin mendekatkan BI ke pasar. Harapannya nilai tukar rupiah terhadap dolar AS bisa lebih stabil.

"Kalausoal suku bunga, ya kita ingin kalau negara lain turunkan suku bunga ya kita harapkan BI juga gitu, jangan terlalu lama," pungkas dia.

2 dari 4 halaman

Sah! Destry Damayanti Jadi Deputi Gubernur Senior BI

Komisi XI DPR RI telah resmi memilih Destry Damayanti sebagai Deputi Gubernur Senior Bank Indonesia 2019-2024 menggantikan Mirza Aidtyaswara yang habis masa jabatannya pada 24 Juli 2019.

Anggota Komisi XI DPR RI Amir Uskara mengatakan sebagai calon tunggal, seluruh anggota Komisi XI menyatakan setuju memilih Destry tanpa ada penolakan dari satupun anggota.

"Tidak ada penolakan dari seluruh fraksi partai politik, semua setuju. Jadi dipilih secara aklamasi," kata Amir di Gedung DPR RI, Jakarta, Kamis (11/7/2019).

 

3 dari 4 halaman

Sepak Terjang Destry

Saat ini Destry adalah Anggota Dewan Komisioner Lembaga Penjamin Simpanan (LPS). Ia menduduki jabatan tersebut sejak 24 September 2015.

Destry Damayanti mendapatkan gelar Sarjana Ekonomi dari Universitas Indonesia dan Master of Science dari Cornell University, New York, Amerika Serikat.

Kariernya dimulai di beberapa tempat, antara lain Senior Economic Adviser untuk Duta Besar Inggris untuk Indonesia pada 2000 hingga 2003. Ia juga menjadi peneliti dan pengajar di Fakultas Ekonomi Universitas Indonesia pada periode 2005 hingga 2006.

Selanjutnya Destry Damayanti menjabat sebagai Kepala Ekonom Mandiri Sekuritas pada 2005 hingga 2011 dan melanjutkan menjadi Kepala Ekonom Bank Mandiri pada 2011 hingga 2015.

Ia sempat menjabat sebagai Ketua Satuan Tugas Ekonomi Kementerian BUMN (2014-2015). Bahkan, beliau juga pernah menjabat sebagai Direktur Eksekutif di Mandiri Institute dan Ketua Panitia Seleksi Pimpinan KPK.

4 dari 4 halaman

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

Loading
Artikel Selanjutnya
Perjalanan Karier Destry Damayanti, Deputi Gubernur Senior BI Terpilih
Artikel Selanjutnya
Sah! Destry Damayanti Jadi Deputi Gubernur Senior BI