Sukses

Ingin Bayar Premi Asuransi Murah, Begini Caranya!

Liputan6.com, Jakarta - Asuransi tentunya memberikan rasa lega dan tenang jika Anda sudah memiliki salah satu produknya. Biaya-biaya yang timbul akibat sakit, kecelakaan, atau mahalnya biaya pendidikan tentu sudah tidak perlu diambil pusing.

Sebagian dari biaya ini akan ditutup langsung oleh perusahaan asuransi, sehingga beban pengeluaran Anda semakin berkurang. Meski demikian, masih banyak yang ragu untuk membeli produk asuransi karena biaya premi yang tidak murah.

Padahal, banyak cara yang bisa ditempuh untuk meringankan biaya premi ini. Sehingga premi yang dibayarkan jadi murah setiap bulannya. Beberapa dari cara tersebut adalah sebagai berikut, sebagaimana dikutip dari Cermati.com.

1. Pilih Jenis Asuransi Berjangka

Seperti namanya, asuransi berjangka berlaku untuk jangka waktu tertentu seperti 5, 10, 15, dan 20 tahun. Asuransi ini cocok buat Anda yang punya kepentingan untuk jangka waktu tertentu, misalnya melanjutkan pendidikan S2 ataupun menyekolahkan anak.

Setelah jangka waktu habis, Anda bisa mengajukan permohonan untuk pencairan asuransi. Pilihlah jangka waktu asuransi yang sesuai dengan kebutuhan, sehingga Anda bisa merasakan manfaatnya secara maksimal. 

2. Tentukan Premi yang Sesuai

Premi yang ditawarkan oleh perusahaan asuransi sangat beranekaragam, tergantung jenis asuransi yang dibeli. Ada premi yang Rp300 ribu per bulan, Rp500 ribu, dan seterusnya. Agar tidak terasa memberatkan, sebaiknya pilih premi yang paling murah.

Uang pertanggungan yang didapatkan memang lebih sedikit. Tapi kalau jumlahnya sudah cukup untuk memenuhi kebutuhan di masa mendatang, untuk apa membayar premi yang lebih besar dan menambah pengeluaran?

2 dari 5 halaman

3. Bergabung Sejak Usia Dini

Semakin lama jangka waktu asuransi, maka semakin kecil biaya yang dibayarkan setiap bulan. Sementara premi yang terkumpul justru semakin besar karena sudah dimulai sejak lama.

Tak heran jika banyak orang telah memulai asuransi sejak usia dini. Memulai asuransi sejak usia dini juga akan mengurangi risiko lebih besar terhadap adanya bahaya di masa mendatang, sehingga Anda merasa lebih terlindungi sejak usia muda.

4. Ubah Gaya Hidup Jadi Lebih Sehat

Premi yang Anda ajukan kepada perusahaan asuransi tidak selalu disetujui. Ada kalanya perusahaan akan menambah jumlah premi jika Anda terbukti memiliki gaya hidup yang tinggi atau riwayat penyakit yang parah sebelumnya.

Maka dari itu, ubahlah gaya hidup Anda menjadi lebih sehat agar tubuh terhindar dari berbagai penyakit. Dengan demikian, premi asuransi yang dibayar pun menjadi lebih murah.

3 dari 5 halaman

5. Hindari Fasilitas Tambahan

Premi asuransi yang dibayarkan tentunya lebih mahal jika Anda meminta fasilitas tambahan dari perusahaan asuransi. Misalnya, kemudahan akses, penanganan utama saat mengalami penyakit kritis, dan ruang perawatan yang mewah.

Fasilitas tambahan ini memang perlu. Tapi, lakukan pertimbangan ulang sebelum Anda mengambilnya karena biaya tambahannya tidaklah murah.

6. Jangan Membahayakan Diri Sendiri

Suka uji nyali dan melakukan hobi yang membahayakan nyawa? Sebaiknya pikir-pikir ulang sebelum melakukannya kembali.

Jika perusahaan asuransi mengetahui hobi membahayakan ini, perusahaan tidak perlu berpikir ulang untuk menetapkan premi yang lebih tinggi. Sebab, risiko terjadinya kecelakaan juga sangat tinggi.  

Bagi yang memiliki hobi yang mainstream, seperti diving, surfing, paragliding, atau cliff jumping, sebaiknya berhati-hati lah saat menekuni hobi tersebut. Hobi ini tidak hanya menyebabkan premi yang tinggi, tapi juga dapat membahayakan nyawa bila dilakukan dengan ceroboh.

4 dari 5 halaman

7. Beli Produk Asuransi untuk Satu Keluarga

Mau premi yang lebih murah lagi? Belilah produk asuransi yang ditujukan untuk satu keluarga sekaligus. Meski polis yang dibayarkan hanya satu saja, tapi manfaat asuransi bisa dirasakan oleh semua keluarga yang namanya tercatat pada polis yang bersangkutan.

Produk asuransi keluarga bisa didapatkan hampir di semua perusahaan asuransi. Tanyakan ketersediaan produk ini kepada pihak asuransi terlebih dahulu sebelum akhirnya Anda membeli produk asuransi tertentu. 

Dapatkan Proteksi Maksimal dengan Premi Murah

Jangan menjadikan premi sebagai alasan untuk tidak punya asuransi. Premi yang murah sekalipun tetap menyuguhkan tingkat proteksi yang maksimal. Intinya, teliti saat membeli asuransi dan sesuaikan dengan kebutuhan Anda di masa mendatang.

5 dari 5 halaman

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

Loading
Artikel Selanjutnya
Ini Pentingnya Kartu Kredit untuk Kembangkan Bisnis Online!
Artikel Selanjutnya
Tahukah, Melakukan Ini di Akhir Pekan Bikin Sulit Sukses