Sukses

Sukseskan Malam Puncak HUT Jakarta, PLN Siapkan Power Bank Raksasa

Liputan6.com, Jakarta - PLN Unit Induk Distribusi Jakarta Raya (Disjaya) menyediakan pasokan listrik untuk penyelenggaraan malam puncak Hari Ulang Tahun (HUT) DKI Jakarta yang ke-492 pada Sabtu malam ini. Acara ini digelar oleh Pemerintah Provinsi (Pemprov) DKI Jakarta.

General Manager PLN Disjaya Ikhsan Asaad mengatakan, PLN sebagai mitra kerja Pemprov DKI, ikut serta dalam upaya perayaan malam puncak perayaan HUT DKI khusunya di Bundaran Hotel Indonesia. Dukungan PLN dilakukan dengan mensuplai daya listrik sebesar 1,7 Mega Volt Ampere (MVA).

"Daya listrik untuk menerangi acara tersebut disuplai menggunakan power bank express solution, solusi listrik bebas polusi untuk outdoor event. Daya listrik tersebut diambil dari 2 sumber listrik untuk memastikan keandalan pasokan listrik. Satu utama dan satunya cadangan, " kata Ikhsan, di Jakarta, Sabtu (22/6/2019).

Ikhsan melanjutkan, demi memastikan keandalan pasokan listrik, PLN juga menyiapkan backup. Jaringan listrik untuk malam puncak perayaan tersebut di-backup dengan 2 unit UPS sebesar 500 kilo Volt Ampere (kVA) untuk masing-masing unit.

"Selama acara tersebut, personel PLN Unit Pelaksana Pelayanan Pelanggan Menteng juga terus berjaga dan bersiap mengamankan pasokan listrik," tambahnya.

Ikhsan menyebut, kesiapan dan keandalan pasokan listrik yang dilakukan PLN selama HUT perayaan DKI ke-492 tersebut sejalan dengan komitmen PLN untuk membuat langit Jakarta biru. Power bank PLN merupakan solusi kebutuhan listrik tanpa polusi udara dan suara untuk penyelenggaraan event seperti perayaan HUT DKI ini.

"Kami mendukung wajah baru Jakarta dalam bentuk dukungan Powerbank dan UPS sebagai bentuk Energi bersih sebagai solusi kebutuhan listrik yang bebas polusi," tandasnya.

 

2 dari 4 halaman

Malam Puncak HUT Jakarta, Akses Jalan Menuju Bundaran HI Mulai Ditutup

Dinas Perhubungan DKI Jakarta mulai menutup akses jalan yang menuju Bundaran Hotel Indonesia, Jakarta.

Penutupan jalan ini sengaja karena adanya acara Malam Puncak Hari Ulang Tahun (HUT) ke-492 Jakarta di kawasan tersebut.BACA JUGA

Penutupan dilakukan di Jalan Sudirman, yang menuju ke Bundara HI, tepatnya sebelum Patung Sudirman. Di lokasi ini, kendaraan dialihkan menuju Jalan RM Margono Djojohadikusumo, Jalan Galunggung, hingga Jalan Karet Pasar Baru.

Penutupan juga dilakukan di Jalan MH Thamrin yang mengarah ke Bundaran HI. Kendaraan dialihkan menuju Jalan Agus Salim.

Kepala Bidang Operasional Dinas Perhubungan DKI Jakarta, Maruli Sijabat mengatakan, penutupan jalan dimulai pada pukul 15.00 WIB hingga 24.00 WIB.

"Kami mengimbau kepada para pengguna jalan agar dapat menyesuaikan pengaturan lalu lintas yang ditetapkan, mematuhi rambu-rambu lalu lintas dan petunjuk petugas di lapangan, serta mengutamakan keselamatan di jalan," kata Maruli seperti dilansir dari Antara, Sabtu (22/6/2019).

3 dari 4 halaman

Lokasi Parkir

Maruli mengatakan, pihaknya telah menyiapkan kantong parkir untuk acara malam puncak ulang tahun Jakarta, yaitu di Grand Indonesia, Plasa Indonesia, dan Gedung Sarinah.

Selain itu, ada juga di lapangan IRTI Monas, Park and Ride Thamrin 10, Jalan Imam Bonjol, dan Plaza Mandiri. Beberapa kantong parkir itu mampu menampung 12 ribu kendaraan roda empat dan 11 ribu kendaraan roda dua.

Sementara, acara akan dibagi menjadi tiga rangkaian. Mulai dari pertunjukan dengan tema Jakarta Tempo Doeloe, Jakarta Membangun, hingga Wajah Baru Jakarta.

Dilansir dari laman resmi PPID, Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan menyampaikan perayaan malam puncak tersebut dihadirkan untuk seluruh warga Jakarta yang harapannya bisa mendatangkan wisatawan maupun mancanegara.

"Jadi saya mengajak seluruh warga Jakarta untuk ikut berpartisipasi, menikmati rangkaian acara yang telah kami siapkan, dan mendukung berbagai karya anak Jakarta. Sehingga ke depannya semakin memajukan perekonomian di Jakarta dengan produk-produk kreatif buatan lokal," kata Anies.

4 dari 4 halaman

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

Loading
Artikel Selanjutnya
Rata-rata Pelanggan PLN Mati Lampu 11 Kali Selama 2019
Artikel Selanjutnya
PLN: PLTD Tak Bisa Gunakan Bahan Bakar Nabati