Sukses

Stasiun Jakarta Kota Mulai Layani Pemberangkatan Kereta Api Jarak Jauh

PT Kereta Api Indonesia hanya menyediakan loket Go Show untuk melayani pembelian tiket pada saat hari keberangkatan, tepatnya mulai 3 jam sebelum jadwal keberangkatan.

Liputan6.com, Jakarta - Di masa Angkutan Lebaran 2019, PT Kereta Api Indonesia (Persero) kembali melakukan inovasi dengan memberikan pelayanan yang lebih kepada masyarakat khususnya yang berada di kawasan DKI Jakarta.

Pelayanan ini diwujudkan dengan difungsikannya Stasiun Jakarta Kota yang berlokasi di kawasan Kota Tua, Jakarta, sebagai stasiun keberangkatan dan kedatangan kereta api jarak jauh.

Adapun KA Jarak Jauh yang memulai keberangkatan dari Stasiun Jakarta Kota pada Rabu, 29 Mei 2019, yaitu KA Kutojaya Utara, KA Jayakarta Premium, dan KA Menoreh.

"Bagi penumpang yang sebelumnya telah membeli tiket ketiga KA tersebut dengan keberangkatan dari Stasiun Pasar Senen, Anda tetap bisa naik dari Stasiun Jakarta Kota dengan melakukan Check In dan Boarding di Stasiun Jakarta Kota," kata Direktur Utama KAI Edi Sukmoro dalam keterangannya, Kamis (30/5/2019).

Edi menjelaskan, KAI membuka pelayanan Kereta Api Jarak Jauh di Stasiun Jakarta Kota guna mengurangi kepadatan di Stasiun Pasar Senen.

Edi menyampaikan jumlah rata-rata penumpang per hari di Stasiun Pasar Senen sebanyak 12.000 orang, bahkan di musim Lebaran ini jumlahnya meningkat menjadi 22.000 orang per hari.

“Pemberangkatan KA Jarak Jauh dari Jakarta Kota ini ditujukan untuk memberikan alternatif stasiun keberangkatan kepada penumpang di wilayah ibu kota,” ujar Edi.

Untuk menunjang pelayanan kepada penumpang, KAI telah menyiapkan berbagai fasilitas di stasiun Jakarta Kota. Peningkatan fasilitas itu di antaranya penambahan ruang tunggu penumpang KA Jarak Jauh dengan kapasitas hingga 1.000 penumpang, penyediaan 2 loket go show, 2 loket pembatalan, Customer Service on Station, dan 2 mesin Check In Counter.

Untuk pelayanan naik dan turun penumpang, Kereta Api Jarak Jauh akan menggunakan Jalur 2 dan 3 yang ada di Stasiun Jakarta Kota.

 

Saksikan video pilihan berikut ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Loket Go Show

Perlu diketahui bahwa di Stasiun Jakarta Kota, KAI tidak menyediakan loket reservasi untuk pemesanan tiket. KAI hanya menyediakan loket Go Show untuk melayani pembelian tiket pada saat hari keberangkatan, tepatnya mulai 3 jam sebelum jadwal keberangkatan.

Untuk pemesanan tiket H-90, penumpang bisa melakukannya di aplikasi KAI Access, website KAI, dan channel penjualan resmi lainnya.

“Dengan penambahan layanan KA Jarak Jauh, Stasiun Jakarta Kota diharapkan memudahkan masyarakat yang ingin bepergian dengan KA, apalagi stasiun ini juga sudah terintegrasi dengan moda KRL Commuterline," kata Edi.

"Selain itu, lokasi stasiun yang berada di kawasan wisata Kota Tua bisa mempermudah masyarakat untuk langsung menuju lokasi wisata yang ada,” tutupnya.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.