Sukses

Waspadai Titik Rawan Kemacetan Saat Arus Mudik Tahun Ini

Liputan6.com, Jakarta Kementerian Perhubungan (Kemenhub) telah memetakan sejumlah titik rawan kemacetan di jalan tol Trans Jawa pada saat mudik Lebaran tahun ini. Dengan pemetaan ini diharapkan masyarakat bisa menghindari titik rawan macet tersebut.

Direktur Jenderal Perhubungan Darat Kementerian Perhubungan, Budi Setiyadi mengatakan, titik macet pertama kemungkinan akan terjadi di tol Palimanan menuju Cirebon. Hal itu terjadi, karena pemudik yang berangkat dari Jakarta menuju Cirebon akan keluar di pintu tol Plumbon.

"Karena keluar dari Jakarta ke arah Kabupaten Cirebon, Kota Cirebon sampai dengan Majalengka di situ yang pertama kali. Jadi exit tol Plumbon," kata dia, di Kementerian Perhubungan, Jakarta, Rabu (29/5/2019).

Titik macet kedua, lanjut Budi terletak di pintu keluar Tol Ciperna. Dia menjelaskan, di Gerbang Tol Ciperna ini akan ada banyak pemudik dari arah Jakarta menuju Cirebon, Kuningan, hingga ke Ciamis.

"Berikutnya adalah exit tol di Ciperna, nanti masyarakat yang akan keluar dari Jakarta ke Kabupaten/Kota Cirebon kemudian terus ke Kuningan kemudian di Ciamis itu juga menjadi kemungkinan yang akan banyak keluar di sana," jelas dia.

 

Reporter: Wilfridus Setu Umbu

Sumber: Merdeka.com

2 dari 3 halaman

Titik Rawan Lainnya

Titik kemacetan ketiga diprediksi akan terjadi di Tol Pejagan. Di ruas tol ini kemacetan disebabkan oleh pemudik yang menuju arah Brebes, Cilacap, dan Purwekerto.

"Berikutnya di Pejagan karena nanti masyarakat yang ke arah Bumi Ayu, Brebes, Cilacap, Purwokerto itu keluar di sana. Berikutnya di Tegal sampai dengan Purbalingga. Terakhir di Kalikampung Semarang," jelasnya.

Kemudian selanjutnya adalah penumpukan kendaraan akan terjadi di pintu keluar Tol Singosari, Malang. Menurut Budi. Macetnya Tol Singosari diperkirakan karena saat keluar tol langsung bertemu dengan jalan menuju Kota Wisata Batu.

"Nah jalan tol yang saya sampaikan tadi ini menjadi perhatian kita termasuk yang terakhir di exit tol Malang Singosari dan di sana jalan tol ya terakhir ada di Singosari itu. Kebetulan ketemu jalan negara dan langsung tujuan ke arah Batu tempat wisata. Itu potensi sekali kemacetan," tandas Budi.

3 dari 3 halaman

Menteri PUPR: Jalan Tol dan Arteri Sudah Siap Hadapi Mudik Lebaran 2019

Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) Basuki Hadimuljono menjamin kesiapan infrastruktur jalanan seperti jalan arteri hingga jalan tol pada musim mudik Lebaran kali ini.

"Saya kira kalau infrastruktur ini kan sudah kita siapkan semua. Infrastruktur saya jamin siap," ujar dia saat mengecek kesiapan mudik di Nagreg, Kabupaten Bandung, Rabu (29/5/2019).

Dia mengatakan, kepastian itu didapatnya lantaran secara kesiapan terus dipantau oleh pihak Korps Lalu Lintas (Korlantas) Kepolisian.

"Jalan nasional kita saya rasa sudah siap. Tinggal sekarang untuk kelancaran (lalu lintas) ada tiga; kesiapan infrastruktur, manajemen lalu lintas yang dilakukan oleh Ditlantas dan polisi, dan perilaku (pengendara)," tuturnya.

"Tadi Bu Menko (PMK, Puan Maharani) bilang, ikutin itu, pengaturan lalu lintas dan rambu-rambunya. Kalau tiga ini bisa dilakukan, pasti lancar dan nyaman," dia menambahkan.

Sementara Menteri Koordinator Bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan (PMK) Puan Maharani juga mengimbau kepada pemudik agar terus menjaga keselamatan saat berkendara.

"Tolong jaga ketertiban, tolong jaga kesehatan, perhatikan rambu-rambu keamanan lalu lintas. Jangan sampai kemudian melanggar rambu-rambu," imbuhnya.

"Kalau merasa lelah, istirahat, dan banyakin minum air putih dengan berhenti di area istirahat atau posko kesehatan," dia menandaskan.

 

Loading
Artikel Selanjutnya
Mudik Gratis Jasa Raharja, Ribuan Petugas di Seluruh Indonesia Siap Layani 24 Jam
Artikel Selanjutnya
Kemenhub Buka Pendaftaran Mudik Gratis Natal dan Tahun Baru, Simak Rutenya