Sukses

Ekonomi Negara Loyo, Orang Terkaya Inggris Malah Tambah Tajir

Liputan6.com, London - Gubernur Bank Inggris menyatakan ekonomi negerinya sedang menderita akibat sengketa "perceraian" Britania Raya dan Uni Eropa alias Brexit. Pertumbuhan ekonomi pun diproyeksikan menurun dan bisnis mengurangi pengeluaran mereka meski pasar tenaga kerja masih kuat.

Kalang kabut akibat Brexit bagai tak terasa oleh orang-orang terkaya Inggris. Harta mereka tercatat melonjak di tengah keresahan ini hinggal total USD 109 miliar atau Rp 1.575 triliun (USD 1 = Rp 14.453).

Dilaporkan Bloomberg, orang terkaya Inggris Sir Jim Ratcliffe tercatat meraup pertambahan kekayaan terbesar paska-Brexit. Hingga Senin, 9 Mei 2019, harta Ratcliffe bertambah USD 13,7 miliar (Rp 198 triliun) semenjak referendum Brexit pada 24 Juni 2016.

Belakangan, bos perusahaan petrokimia itu memicu polemik karena ia malah ingin pindah ke Monako, padahal ia merupakan seorang Brexiteer atau pendukung Brexit. Ia disebut ingin pindah negara demi menghindari pajak sebesar puluhan triliun rupiah.

Miliarder lain yang meraup untung besar adalah James Dyson. Kekayaannya tercatat naik USD 6,7 miliar (Rp 96,8 triliun). Sama seperti Ratcliffe, Dyson juga diketahui sebagai Brexiteer.

Sementara para orang terkaya, Bank Inggris sedang cemas akan datangnya resesi apabila tak ada kesepakatan Brexit yang positif dengan Uni Eropa. Batas akhir keputusan kesepakatan perceraian Brexit diundur hingga 31 Oktober 2018.

2 dari 4 halaman

Orang Terkaya Berminat Beli Chelsea

Miliarder Roman Abramovich tidak berminat menjual klub sepak bola Chelsea. Bos perusahaan tambang ini bahkan tak tertarik terhadap minat orang terkaya di Inggris, Sir Jim Ratcliffe.

Dilaporkan ESPN, Sir Jim Ratcliffe mulai bertanya-tanya mengenai ketersediaan Chelsea pada Mei tahu lalu. Abramovich ternyata sama sekali belum pernah berbincang dengan Ratcliffe mengenai itu.

Sumber menyebut Abramovich masih berkomitmen mengurus klub yang ia beli pada Juli 2003 lalu. Uang sebesar 1,13 miliar pound sterling telah ia kucurkan dari kantongnya demi membesarkan Chelsea.

Saat ini valuasi Si Biru adalah sebesar 4 miliar pound sterling (Rp 74,3 triliun). Angka itu fantastis mengingat Abramovich membeli klub itu hanya seharga 140 juta pound sterling atau setara Rp 4 triliun jika disesuaikan inflasi.

Sementara, The Times menyebut Sir Ratcliffe menawar hingga 2 miliar pound sterling saja (Rp 37,1 triliun). Hingga kini, ia diketahui masih terus mencoba membeli Chelsea meski sang miliarder adalah penggemar Manchester United.

Sir Jim Ratcliffe adalah bos perusahaan petrokimia dengan kekayaan mencapai 21 miliar pound sterling (Rp 390,4 triliun). Sementara, Abramovich adalah miliarder terkaya di Israel sejak mendapat kewarganegaraan Rusia dan Israel tahun lalu.

Sampai saat ini, Abramovich tidak bisa masuk ke Inggris karena masalah visa. Menegangnya hubungan Rusia dan Inggris disebut memengaruhi kejadian ini.

3 dari 4 halaman

Raup Rp 2,9 Triliun, Ed Sheeran Kalahkan Adele Jadi Musisi Terkaya

Masih di Inggris, penyanyi Ed Sheeran berhasil mengalahkan Adele di daftar musisi terkaya di Inggris versi Sunday Times Rich List. Ini berkat penjualan album dan tur dunia Ed Sheeran yang laku keras.

Dilaporkan BBC, Ed Sheeran meraup untung sebesar 160 juta pound sterling atau Rp 2,9 triliun (asumsi kurs 1 pound sterling = Rp 18.693). Usianya yang masih 28 tahun membuatnya penyanyi muda terkaya di Inggris.

Adele pada tahun lalu berhasil mendapat pemasukan sebesar 150 juta pound sterling (Rp 2,8 triliun). Namun, ia belum menyelenggarakan tur musik lagi sejak menyelenggarakan Adele Live 2016 dan 2017 yang berakhir pada Juni tahun 2017.

Ed Sheeran berhasil menonjol di daftar musisi terkaya yang didominasi oleh tokoh senior. Di antaranya adalah Sir Paul McCartney, Sir Ringgo Star, Elton John, dan U2.

Musisi terkaya adalah Andrew Lloyd-Webber dengan pendapatan 820 juta pound sterling (Rp 15,3 triliun). Nama itu tentunya tidak asing bagi pecinta teater musikal.

Andrew Lloyd-Webber aktif sebagai penulis lagu di musikal terkenal seperti The Phantom of The Opera, Cats, Sunset Boulevard, The Wizard of Oz, hingga School of Rock.

Sementara, nama U2 menjadi satu-satunya nama band yang muncul di daftar 10 musisi terkaya. Pendapatan band asal Irlandia itu tercatat 583 juta pound sterling (Rp 10 triliun).

4 dari 4 halaman

Saksikan Video Pilihan Berikut Ini:

Loading
Artikel Selanjutnya
China Akui Tahan Petugas Konsulat Inggris di Hong Kong
Artikel Selanjutnya
Staf Konsulat Inggris di Hong Kong Hilang Misterius Saat Bertugas ke China